alexametrics

Wisata Taman Buah Sidomakmur Diperluas 10 Hektare

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan berencana memperluas lahan Wana Wisata Taman Buah Sidomakmur.  Yakni dari empat hektar akan diperluas hingga 10 hektar.

Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryono mengatakan, rencana perluasan yang menempati lahan Perhutani dimulai Januari 2022. Setelah pihak perhutani menembang pohon  kayu jati yang sudah dikeringkan. Perhutani akan segera melakukan penebangan kayu jati. “Setelah itu lahan akan diperuntukkan untuk kawasan wisata edukasi kebun buah,” katanya.

Pihaknya percaya diri, karena sudah mengantongi izin penggunaan lahan dari Perhutani. Jadi kawasan ini sudah menjadi kawasan wisata binaan Perhutani. “Nantinya akan dikelola oleh masyarakat desa setempat,” ujarnya.

Dengan perluasan lahan, tentu akan leluasa melakukan penanaman pohon buah berdasarkan jenis dalam satu area. Misalkan 5000 meter persegi untuk pohon kelengkeng, 5000 meter persegi  ditanami pohon durian. “Begitu seterusnya, jadi buahnya akan lebih variatif nantinya,” tambahnya.

Baca juga:  Galian C Menjamur, Kerusakan Lingkungan di Kaliwungu Bakal Makin Parah

Selain menyiapkan lahan, bibit sudah ada bantuan dari Kementerian Pertanian maupun dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Untuk mengembangkan wisata kebun buah butuh waktu lama. Paling tidak 5-7 tahun untuk bisa menikmati hasilnya.  “Karena harus menunggu proses dari bibit hingga jadi pohon dan berbuah memerlukan waktu yang lama,” tambahnya.

Selain butuh waktu lama, juga memerlukan biaya tinggi. yakni untuk perawatan pada masa tanam dan pasca tanam pohon buah-buahan. Makanya, ia berharap ada dukungan dari pemerintah untuk bisa membantu mewujudkan wisata taman buah. “Kami punya mimpi, nantiya wisata ini menjadi satu-satunya wisata kebun buah yang terbesar di Jateng. Sehingga menjadi acuan bagi wisatawan untuk berlibur ke Kendal,” tambahnya. (bud/fth)

Baca juga:  151 Bencana Terjadi di Kendal Sepanjang 2021, Banjir dan Tanah Longsor Mendominasi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya