alexametrics

Pembangunan Jalur Penghubung Kaliwungu Selatan – Ngampel Rampung Akhir Tahun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pembangunan jalur penghubung Kecamatan Kaliwungu Selatan dengan Kecamatan Ngampel terus dikebut. Pembangunan jalan sepanjang 4,8 km yang menghubungkan Desa Sidomakmur dan Desa Jatirejo ditargetkan rampung akhir tahun.

Kepala Desa Sidomakmur Bambang Sukaryono mengatakan warga telah menunggu bertahun-tahun untuk pembangunan jalan tersebut. Sebab, merupakan akses utama warga Sidomakmur dan sekitarnya untuk menuju Kecamatan Ngampel dan Kota Kendal. “Warga yang senang secara sukarela membantu pelaksana dengan membuat jajanan dan minuman untuk para pekerja. Jadi setiap hari para pekerja ini terjamin makanannya,” katanya.

Selama ini warga Sidomakmur dan sekitarnya, banyak yang beraktivitas ke Ngampel. Mulai dari jalur ekonomi mapun pendidikan. Sebab hasil pertanian dijual ke Pasar Magangan di Desa Jatirejo. “Anak-anak di desa kami yang sekolah, kebanyakan di Ngampel,” tambahnya.

Baca juga:  Masih Banyak Pedagang Belum Mau Pindah ke Relokasi Pasar Weleri

Dengan dibangunnya jalan tentu akan membuat Desa Sidomakmur semakin ramai. Pertumbuhan ekonomi meningkat dan pendidikan juga semakin maju. “Warga Desa Sidomakmur merasa senang atas dibangunnya jalan tersebut,” tambahnya.

Asisten pelaksana CV Sosrobahu Indo Perkasa Dian mastugi Nugroho mengatakan selaku pelaksana pekerjaan pembangunan jalan terus dikebut. Sebab sesuai kontrak, pekerjaan harus sudah selesai 28 Desember. “Tapi kami bisa selesai lebih awal di 2 Desember,” tambahnya.

Ia melakukan percepatan dengan sistem kerja 24 jam. Ada enam penyuplai ready mix beton yang dilibatkan. Per hari bisa menyelesaikan jalan sepanjang 300-400 meter. “Ini baru lima hari, kami sudah bisa menyelesaikan 1,7 kilometer,” paparnya.

Kepala DPUPR Kendal Sugiono menambahkan, jalan dibangun dengan kualitas beton K 350 atau FC 31,5. Sehingga kuat karena didesain untuk konstruksi landasan dengan beban sampai delapan ton. “Dari sisi lebar jalan, juga diperluas dari lima menjadi enam meter dengan ketebalan 20 sentimeter,” tambahnya. (bud/fth)

Baca juga:  Banser Harus Kuasai Teknologi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya