alexametrics

20 Grup Kesenian Ramaikan Pentas Budaya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Sebanyak 20 grup kesenian dari berbagai kecamatan di Kendal meramaikan Pekan Kebudayaan 2021. Pentas digelar tertutup tanpa disaksikan penonton.

Hal ini sebagai upaya untuk menghindari kerumunan karena situasi masih pandemi.

Pekan Kebudayaan tersebut digelar di Stadion Madya Kendal hingga Rabu 24 November. Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kendal Sulardi mengatakan, masyarakat bisa menyaksikan di langsung YouTube.

Sebab pentas berlangsung tertutup. Yang diperbolehkan masuk hanya pengombyong peserta grup. “Jadi hasil pentasan, kami rekam dan kami unggah di YouTube,” katanya, kemarin.

Sulardi menambahkan, pentas kebudayaan untuk mensosialisasikan kesenian tradisional di Kendal. Selain itu sebagai aktualisasi dan eksistensi dari grup kesenian dan kebudayaan di masing-masing kecamatan. Tidak hanya sampai di tingkat kabupaten, namun bisa berpartisipasi untuk tampil di tingkat provinsi dan nasional.

“Pentas ini dikhususkan kesenian tradisional, karena sejak pandemi tidak ada pentas sama sekali,” tambahnya.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kendal Kiswanto mengapresiasi pentas kebudayaan tersebut. Sebab bisa memberikan peluang bagi para pelaku seni yang sudah tidak lama menggelar pentas. Sejak pandemi, tidak bisa tampil secara terbuka.

“Grup kesenian yang ikut dari berbagai jenis kesenian. Mulai dari Barongan, tari-tarian, jaran kepang, dan ketoprak dan lain sebagainya,” tambahnya. (bud/fth)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya