alexametrics

Hormati Jasa Nakes, Bupati Dico Bersih-bersih Makam Pahlawan Pakai Baju Hazmat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto punya cara unik dalam memperingati Hari Pahlawan. Bersama jajaran melakukan aksi bersih Makam Pahlawan Setya Bhakti di Desa Boja, Boja.

Dico mengenakan pakaian dekontaminasi atau hazardous material (hazmat) Covid-19.  Pakaian tersebut dikenakan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan Covid-19 terutama tenaga kesehatan (nakes).

Peringatan hari pahlawan ini dilakukan bersama Forum Koordinator Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kendal. Seperti Ketua DPRD Kendal, Kapolres Kendal, Dandim 0715 Kendal, Kajari Kendal, Ketua Pengadilan Negeri Kendal dan sebagainya. Sebelum kegiatan, Bupati bersama Forkopimda menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan.

Usai upacara langsung mencabuti rumput dan semak belukar yang memenuhi Makam Pahlawan Setya Bhakti.  “Mereka berjuang untuk memerdekakan NKRI, tapi kondisi makamnya tidak terawat. Makanya saya ajak semua bersih-bersih makam,” kata Dico.

Baca juga:  Kabar Baik, Semua Objek Wisata di Kendal Boleh Beroperasi

Makam Pahlawan di Jalan Pemuda kurang terawat. Dipenuhi rumput, daun kering berserakan, pagar beton sebagian jebol dengan cat mengelupas. Selain bersih-bersih, pihaknya juga melakukan renovasi gerbang makam yang sudah rusak.  “Setelah itu saya sudah minta agar agar Makam Pahlawan bisa dirawat dengan baik,” tegasnya.

Dico mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah berjuang selama pandemi. Perjuangan mereka untuk merawat para pasien Covid-19 tentu bertaruh nyawa. Hal itu begitu berjasa di masa pandemi Covid-19 sekarang ini,” tegasnya.

Kepala Desa Boja Slamet Riyadi mengatakan untuk kebersihan Makam Pahlawan Setya Bhakti dilakukan pihak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Namun beberapa bulan terakhir tidak diperbolehkan karena bukan kewenangan desa.  “Kami tidak bisa menganggarkan untuk kebersihan maupun perawatan makam pahlawan karena kewenangannya di Dinas Sosial (Dinsos) Kendal,” tambah Slamet Riyadi. (bud/fth)

Baca juga:  Lapas Terbuka IIB Kendal Belum Izinkan Kunjungan Lebaran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya