alexametrics

Optimalkan CSR, Baperlitang Kendal Luncurkan Aplikasi Si Cesar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Baperlitbang (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan) Kendal mulai menerapkan aplikasi Si Cesar (Sistem Informasi CSR).  Inovasi tersebut untuk mengoptimalkan dana pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR) yang dikeluarkan perusahaan.

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Pemerintahan, Sosial dan Budaya, Kartini mengatakan, Si Cesar dibangun sebagai solusi optimalisasi pengelolaan tanggung jawab sosial perusahaan untuk pembangunan di Kendal.

“Sehingga dana CSR yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan bisa terpantau,” kata Kartini saat rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan CSR sekaligus pengenalan Si Cesar kemarin.

Dikatakannya, ada tiga agenda utama rakor. Yakni pengenalan dan sosialisasi Si Cesar, evaluasi pelaksanaan CSR Tahun 2021 dan katalog CSR. “Katalog ini adalah usulan CSR yang belum terealisasi, yang nantinya dapat direalisasikan,” tuturnya.

Baca juga:  Kendaraan Pelat Merah Tunggak Pajak Rp 142 Juta

Dengan Si Cesar, diharapkan perencanaan, evaluasi, dan pelaporan CSR akan lebih efektif dan efisien. Selain itu untuk mengarahkan program dan kegiatan CSR sesuai kebijakan dan prioritas pembangunan Kendal.

“Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Artinya ada peran serta perusahaan untuk menunjang dan mendukung pembangunan di Kendal,” tegasnya.

Ia menambahkan, selama ini pelaporan CSR dilakukan oleh perusahaan secara manual. Dengan Si Cesar perencanaan dan pelaporan dapat terdokumentasi dalam sistem.

Selain itu, perusahaan dapat menjadikan usulan CSR dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau masyarakat sebagai rencana pelaksanaan CSR perusahaan.

Sejauh ini, dana CSR dari laporan yang masuk mencapai Rp 4,581 miliar. Dana tersebut untuk bina lingkungan dan sosial sebesar Rp 1,481 miliar. Selain itu, bantuan langsung kepada masyarakat sebesar Rp 1,335 miliar. Bantuan program UMKM dan Koperasi Rp 898 juta dan pembangunan sarana dan prasarana Rp 864 juta.

Baca juga:  Tiga Ton Minyak Goreng Ditimbun di Gudang PT Pelita Hati Weleri

“Kami juga bisa memantau semua perusahaan yang sudah maupun yang belum melaksanakan kewajiban CSR,” imbuhnya. (bud/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya