alexametrics

Wabup Kendal Ingin IGN Cepiring Buka Wisata untuk Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal Kawasan Industri Gula Nusantara (IGN) di Cepiring, Kendal, memiliki potensi wisata heritage. Banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih asli.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki berharap manajemen IGN bisa mempertimbangkan untuk menjadikan lingkungan IGN sebagai tempat wisata.

“Saya mendapat banyak masukan dari warga. Saya kira menarik lingkup pabrik gula ini menjadi destinasi wisata. Sebab ini termasuk sejarah. Tapi jelas kami tidak memiliki kebijakan, jadi semua kami kembalikan lagi kepada pihak manajemen PT IGN,” ujarnya Basuki saat berkunjung ke PT IGN di Desa Cepiring, kemarin (12/10/2021).

Selain itu, Basuki berharap ada kemitraan yang baik antara pemkab dengan perusahaan industri.

Baca juga:  Sumbangan Dana Kampanye Maksimal Rp 750 Juta

Menurutnya, kemajuan dan kesejahteraan Kendal tidak hanya bisas ditempuh oleh pemerintah saja. Perlu campur tangan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Seperti PT IGN (Industri Gula Nusantara) ini,” tegasnya.

Basuki berharap, komunikasi antara PT IGN dengan pemkab bisa terus terjalin. Ia mngaku sudah banyak mendengar cerita dari beberapa dinas terkait, tentang jatuh bangunnya pabrik IGN dalam menjalankan bisnis Industri Gula ini.

“Sehingga saya menyempatkan diri untuk meninjau kondisi pabrik IGN ini, dan semoga dengan dibangunnya kemitraan yang lebih intensif bisa membawa manfaat yang lebih besar,” harapnya.

Sementara, Direktur Umum PT IGN Cepiring Kendal, Mohamad Sunhaji mengapresiasi perhatian pemkab terhadap PT IGN Cepiring. Menurutnya, dukungan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan.

Baca juga:  Relawan Solid, Siap Menangkan Dibas

Sunhaji menjelaskan, masih banyak bangunan PT IGN Cepiring peninggalan Belanda. Beberapa di antaranya sudah diperbaiki. Salah satunya IPAL.

Perjalananan  operasional perusahaan yang sempat jatuh bangun dalam mengelola pabrik gula ini. Bahkan di tahun 2017 sempat beberapa vendor mempailitkan PT IGN.

Alhamdulillah Artha Graha Network menyelamatkan IGN dan dengan manajemen yang baru, di tahun 2018 kita bangkit lagi dan bisa melanjutkan produksi,” ungkapnya.

Kondisi pandemi ini, PT IGN juga melaksanakan kegiatan sosial dan bagikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Di antaranya pembagian masker, vaksinasi serta pembagian sembako,” pungkas Sunhaji. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya