alexametrics

Ringankan Beban Tenaga Medis, Bentuk Relawan Vaksinasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Tim Satgas Covid-19 Kendal melibatkan relawan dan menggencarkan jemput bola untuk percepatan vaksinasi.

Keberadaan relawan sangat membantu mengurangi tugas tenaga medis. Kinerja semakin efektif dan target herd immunity bisa segera terwujud.

Camat Kaliwungu, Nung Tubeno mengatakan, setiap hari setidaknya ada tiga tim yang mobile. Mereka terjun ke tempat-tempat publik, seperti pasar, balai desa dan lainnya.

Hal ini dilakukan untuk mendekatkan warga agar mudah menjalani vaksinasi. Pihaknya juga menggandeng relawan untuk membantu petugas vaksinasi. Seperti melakukan penginputan data peserta vaksin, pengecekan suhu, dan menertibkan peserta untuk disiplin prokes.

“Kami menggandeng ormas pemuda dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Pemuda Muhammdiyah,” tuturnya.

Baca juga:  Kasus Covid-19 Melandai, Kapolda Jateng: Semoga Pandemi Bisa Segera Jadi Endemi

Keberadaan relawan membantu mengurangi tugas dari petugas medis. “Kami optimistis hingga akhir tahun bisa mencapai target 70 persen,” paparnya.

Tim medis dari puskemas yang melaksanakan vaksinasi ini juga dibantu dari tim medis Rumah Sakit Darul Istiqomah (RSDI).

“Karena kekurangan petugas, jadi kami membantu pelaksanaan vaksinasi,” kata Direktur RSDI, dr Rokhmat.

Ketua PAC GP Ansor Kaliwungu, Ali Nurudin siap membantu tim satgas Covid-19 dalam pelaksanaan Covid-19.

“Berapa pun personel yang dibutuhkan, baik untuk pengamanan maupun penginputan data, Ansor dan Banser siap membantu,” Imbuhnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan, Kecamatan Kaliwungu saat ini menempati urutan pertama dalam progres percepatan vaksinasi. “Antusias warganya untuk mengakses vaksinasi Covid-19 sangat baik,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Kendal Bakal Bangun Anul-Alun Weleri Seluas 1,5 Hektare

Vaksinasi di Kaliwungu telah mencapai 35.258. Sudah mencapai 55 persen dari total jumlah penduduk 63.887 jiwa. (bud/zal)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya