alexametrics

Penumpang Kapal Kalibodri Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal —Penumpang kapal Kalibodri wajib menunjukkan kartu vaksin. Memastikan calon penumpang telah memenuhi syarat, pihak Pelabuhan Kendal kemarin melakukan pemeriksaan.

Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat menegaskan, wajib melampirkan vaksinasi Covid-19 bagi penumpang usia minimal 12 tahun ke atas. Jika tidak calon penumpang tidak diperkenankan naik kapal.

Selain kartu bukti vaksin, penumpang juga harus menyertakan surat keterangan swab antigen. “Surat keterangan swab antigen negatif, minimal sehari sebelum keberangkatan,” katanya kemarin.

Calon penumpang berusia di bawah 12 tahun memang tidak wajib vaksin, tapi tetap wajib menyertakan hasil swab antigen.  “Sedangkan balita tidak perlu swab antigen,” imbuhnya.

Dikatakannya, Meski sudah vaksin dan hasil antigen negatif, para penumpang tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Yakni memakai masker dan menjaga jarak.

Baca juga:  Tingkatkan Kompetensi Satpam Jaga Kondusivitas

“Kami juga lakukan tes ukur suhu menggunakan thermogun. Penumpang yang suhunya di atas 37 derajat celcius, tidak diperkenankan naik kapal,” katanya.

Pemberlakukan ini tidak hanya kepada penumpang saja. Tapi juga sopir truk dan kernet yang membawa muatan di KMP Kalibodri.

Salah seorang calon penumpang KMP Kalibodri, Tunut Riyadi mengaku aturan ini satu sisi mempersulit penumpang. Tapi hikmahnya penumpang kapal jadi merasa aman, karena tidak ada penularan Covid-19 di dalam kapal. Pihaknya berenam, lima wajib membawa kartu bukti vaksin. Minimal harus sudah vaksin tahap pertama.

“Sedangkan satu anak saya yang masih kecil hanya swab antigen saja, karena umurnya masih di bawah 12 tahun,” akunya.

Baca juga:  Tanggul Laut Kelurahan Karangsari Kendal Rampung Akhir Tahun

Namun ia mengeluhkan perihal jadwal keberangkatan KMP Kalibodri yang molor. Sedianya berangkat pukul 03.00 WIB, tapi molor hingga empat jam.

“Katanya pemberangkatan menunggu air laut pasang, baru kapal bisa jalan,” ujarnya. (bud/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya