alexametrics

Kopi Asal Kendal Siap Mendunia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal Sejumlah pelaku UMKM kopi Kendal siap ekspansi pasar luar negeri. Utamanya ke negara bagian timur tengah.

Kesepakatan ekspor itu muncul dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Kopi Kendal Go To Export. FGD digelar Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM  (Dinperinkopukm) Kendal.

Owner Indoarab, Istikhanah, selaku eksportir mengatakan, peluang bisnis ekspor sangat luas. Terlebih untuk ekspor kopi ke negara-negara timur tengah. Seperi arab saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Qatar, Yaman, Bahrain dan negara-negara yang berbatasan dengan Eropa.

Tapi, sebelum melangkah, pelaku UKM Kendal harus saling support, salah satunya menggunakan satu merek untuk ditawarkan kepada buyer di luar negeri. Menurutnya, itu adalah cara untuk memenuhi kuantitas pesanan. Karena buyer butuh konsistensi barang. “Jika tidak bisa konsisten maka mereka tidak akan percaya dan menghentikan pembeliannya,” paparnya.

Baca juga:  Minat Masyarakat Kendal Vaksin Booster Rendah

Kebersamaa UKM juga untuk memperkecil beban modal. Sebab pengurusan biaya ekspor diakuinya cukup banyak. Belum lagi menanggung risiko rugi karena barang terhenti di kontainer karena tidak bisa masuk kapal.

“Ini pengalaman saya, selama pandemi ini saya mengirim briket terhenti karena pengurangan aktivitas kapal. Ada enam kontainer barang terhenti selama enam bulan. Itukan harus di tanggung uang terhenti,” ujar eksportir briket itu.

Ia berpesan, sebelum ekspor kopi, para pelaku UKM harus kompak dan menghilangkan ego masing-masing.

“Sehingga semua kendala dihadapi dan dicarikan solusi bersama-sama. Jangan terlalu banyak mengeluh,” imbuhnya.

Kepala DinperinkopUkm, Kun Cahyadi menyatakan, pihaknya bakal konsisten untuk menduniakan Kopi Kendal. Sebab Kendal merupakan daerah produsen kopi. “Malah ada kopi langka, jenis excelco dan Liberika yang memang jarang ditemukan tapi di Kendal ada,” tandasnya. (bud/zal)

Baca juga:  Guru Dituntut Kreatif dan Inovatif

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya