alexametrics

ODGJ Mulai Divaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Meski Vaksinasi Covid-19 masih jauh dari target, tapi Dinas Kesehatan (Dinkes) malah sudah menyasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Pelaksanaanya dilakukan di tiap-tiap puskesmas. Seperti Puskesmas Kendal II memvaksin sebanyak 15 ODGJ.

Vaksinasi kepada ODGJ dilakukan di puskesmas itu merupakan dosis yang pertama. Mereka merupakan ODGJ yang rutin melakukan pengobatan dan sebelumnya sudah didaftarkan oleh keluarganya. Mereka datang ke puskesmas diantar oleh keluarganya. Jenis vaksin yang digunakan adalah khusus vaksin Sinopharm.

Kepala Puskesmas Kendal 2, drg Sri Sahadatin mengatakan, ada 77 ODGJ di wilayah kewenangan Puskesmas Kendal 2. Tapi jatah vaksin dari Dinkes Kendal hanya untuk 15 orang.

Sementara ini yang didaftar mendapatkan para ODGJ yang menjalani pengobatan rutin, sehingga bisa diajak berkomunikasi. “Kami tidak melaksanakan vaksinasi ke luar, karena pasien yang mendapatkan vaksinasi ini pasien yang sudah mendapatkan pengobatan secara rutin, jadi mereka sudah kooperatif,” katanya.

Baca juga:  Masa Depan Cerah Atlet Minicross

Kegiatan vaksinasi untuk ODGJ di Kabupaten Kendal dilakukan melalui puskesmas-puskesmas yang pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya masing-masing puskesmas. Vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ di Puskesmas Kendal II akan dilakukan pada 29 Agustus mendatang. (bud/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya