alexametrics


Program Pasar Sehat Bisa Jadi Percontohan

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Program Pasar Sehat di 13 pasar tradisional yang selama ini diterapkan oleh Polres Kendal, bakal ditingkatkan. Bupati Dico Mahtado Ganinduto berharap Pasar Sehat di Kendal bisa menjadi percontohan nasional.

Nantinya posko Pasar Sehat di tiap pasar akan dimaksimalkan. Penerapan protokol kesehatan diperketat untuk mencegah rantai Covid-19. “Jadi ke depan tidak ada lagi klaster Covid-19 dari pasar,” katanya saat mengunjungi Posko Pasar Sehat di Pasar Pagi Kaliwungu, Kamis (5/8/2021).

Selain itu, jumlah petugas jaga juga akan ditambah. Mengingat akses pasar tidak hanya satu pintu. Sebab, jika hanya satu pintu yang dijaga, menurutnya malah akan menimbulkan kerumunan.

“Rencana kami, nantinya tiap pintu masuk pasar dijaga. Tentunya dengan kerja sama berbagai pihak, terutama paguyuban pedagang pasar,” tuturnya.

Satu posko utama disiapkan untuk melayani pemeriksaan kesehatan dan pelayanan rapid antigen serta vaksin. Lainnya adalah penjagaan protokol keseharan. “Yakni untuk mengawasi pemakaian masker dan cek suhu tubuh serta cuci tangan,” paparnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu, Faisal Mukri mengatakan, ada delapan pintu masuk pasar. Nanti akan dijaga bersama paguyuban dan organisasi kemasyarakatan. “Karena jika hanya mengandalkan petugas keamanan dari TNI dan Polri tidak memungkinkan,” jelasnya.

Tenaga kesehatan disiapkan dari RSDI Kaliwungu, untuk membantu pelaksanaan program posko pasar sehat yang diinisiasi Polres Kendal.

Direktur RSDI Kaliwungu dr Rokhmat mengatakan, pihaknya mendukung penyelenggaraan pasar sehat dengan memberikan bantuan SDM medis dan masker bedah. “Semoga dengan kegiatan ini dapat mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Kaliwungu,” jelas dr Rokhmat.

Tenaga kesehatan di posko bertugas memeriksa pedangang dan pembeli yang merasa kurang enak badan. Warga yang merasa tidak enak badan diperiksa tekanan darah dan cek suhu tubuh. jika didapati suhu tubuh tinggi maka disarankan untuk beristirahat di rumah. (bud/zal)

 

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya