alexametrics

Pemkab Kendal Siapkan Rp 5 M untuk Warga Terdampak PPKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Hasil evaluasi selama PPKM, angka kasus Covid di Kendal turun. Selain itu, sudah banyak tempat tidur (BOR) yang tersedia untuk para pasien. Diharapkan kondisi ini bisa terus terjadi usai PPKM berakhir.

“Data Covid di Kendal ini membaik, kita bisa lihat dari positif rate nya menurun, kasus aktifnya juga menurun. BOR juga sudah turun di bawah 70 persen,” terang Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto.

Bupati menilai kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan kini telah meningkat. Mobilitasnya juga telah turun. Karenanya, ia berharap tidak ada lagi perpanjangan PPKM setelah 25 Juli 2021. Supaya masyarakat bisa kembali berjualan dan beraktivitas normal. Agar ekonomi bisa membaik.

Baca juga:  Baru Diresmikan Januari, Jembatan Gantung Bodri Sudah Rusak

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, walaupun kasus Covid sedikit menurun, namun angka kasus harian masih terbilang tinggi. Perbedaannya, kini masyarakat lebih banyak yang melakukan isolasi mandiri. Sehingga BOR di rumah sakit turun.

“Secara kasus harian masih tinggi, namun BOR di rumah sakit sudah menurun. Sudah banyak tempat tidur yang kosong. Kesembuhannya sudah banyak,” terangnya.

Pemkab Kendal menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk masyarakat terdampak PPKM. Anggaran tersebut bakal disesuaikan dengan bantuan dari pemerintah pusat. Warga terdampak akan mendapatkan bantuan berupa sembako ataupun uang tunai.

“Kami juga menunggu dari pemerintah pusat. Kami pastikan bantuan ini tepat sasaran. Masih diproses di dinas sosial, kalau tidak salah totalnya Rp 5 miliar,” ujar bupati.

Baca juga:  Chacha Siap Jadi Brand Ambassador UMKM Kendal

Penyesuaian dilakukan mengingat pemerintah pusat juga banyak menggelontorkan bantuan bagi masyarakat. Seperti bantuan UMKM, subsidi upah, dan lain sebagainya. Sedangkan bantuan sosial dari Pemda Kendal ditujukan pada masyarakat yang benar-benar terdampak pandemi maupun PPKM. (yan/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya