alexametrics

Pastikan Masker, Hand Sanitizer, dan Vitamin di Kendal Aman

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Ketersediaan masker, handsanitizer, dan vitamin di pasaran harus dijaga. Jangan sampai terjadi kelangkaan seperti tahun lalu. Mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat. Memastikan ketersediaan di Kendal aman, Bupati Dico Mahtado Ganinduto melakukan sidak ke sejumlah swalayan.

Bupati juga ingin memastikan pengelola swalayan telah menerapkan protokol kesehatan kepada pengunjungnya.“Batasi pengunjung, jangan sampai terjadi kerumunan dan pastikan semua jaga jarak,” tandasnya.

Dico mengaku tak ingin pusat perbelanjaan menjadi klaster penyebaran Covid-19. Sebab  tracing akan sangat luas dan menyebar ke mana-mana dengan cepat. “Sehingga mempercepat lonjakan kasus baru Covid-19 yang bisa berdampak buruk bagi aktivitas masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, pengelola swalayan harus bertindak tegas kepada pegawainya yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca juga:  Pamit Mancing, Warga Somopuro Tewas Tenggelam

“Swalayan saat ini rawan, karena banyak orang yang keluar masuk membeli ke toko dari berbagai daerah yang tidak diketahui. Khawatirnya kalau pengunjung yang berasal dari daerah zona merah Covid-19,” katanya.

Pegawai swalayan juga diminta mengenakan masker rangkap. Tujuannya untuk menekan laju Covid-19 yang semakin menyebar dengan cepat. Terutama setelah ditemukannya Covid-19 varian baru di Kudus beberapa waktu lalu.

Selain itu, Dico juga memastikan stok kebutuhan penunjang untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di beberapa swalayan besar di Jalan Pantura Kendal tercukupi. Mulai dari vitamin C, suplemen penambah imun, masker, sabun dan juga hand sanitizer.

Ia tidak ingin seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kendal, justru kebutuhan vitamin kehabisan. Sehingga warga kebingungan mencari kebutuhan untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca juga:  Belly Dance dan Bahagia Tingkatkan Imun Tubuh

Diakuinya, saat ini terjadi lonjakan masyarakat yang membeli vitamin, hand sanitizer dan masker. Makanya ia ingin memastikan di Kendal stoknya aman. “Kami sampaikan ke pemilik swalayan, kalau ada kesulitan agar disampaikan ke pemda,” tuturnya.

Manager Swalayan Aneka Jaya Kendal, Ahmad Nasikh menyampaikan, dalam dua pekan terakhir permintaan vitamin dan suplemen penambah imunitas tubuh meningkat tajam. “Bahkan, kami sempat kehabisan stok vitamin C dalam 3 hari terakhir,” akunya.

Saat ini stok vitamin mulai datang lagi, meskipun jumlahnya masih terbatas. “Kami pastikan kebutuhan masker dan suplemen aman. Termasuk handsanitizer,” imbuhnya. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya