alexametrics


Chacha Frederica Minta Puskesmas Aktif Tuntaskan Kasus Stunting

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Ketua Tim Penggerak PKK Kendal, Wynne Frederica meminta puskesmas berperan aktif menurunkan kasus stunting atau gizi buruk di wilayahnya masing-masing. Meninga tangka stunting masih cukup tinggi.

Menurut artis yang akrab disapa Chacha Frederica itu, kasus stunting terjadi pada anak di awal pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu dampaknya yang terlihat adalah berat badan turun atau tidak ada perkembangan, dan tubuh pendek. Sementara jangka panjang dampaknya cukup banyak. Terutama terhadap kecerdasan anak.

“Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak aspek, mulai dari aspek pendidikan hingga ekonomi,” ujarnya saat menjadi pembicara pada teleconference bersama tenaga kesehatan.

Istri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto ini menambahkan, pencegahan stunting harus dilakukan serius. Sebab jika terlambat, dampaknya akan sulit untuk diperbaiki. “Akan sangat merugikan masa depan anak itu sendiri,” ujarnya.

Hal senada dikatakan dr Mesty Ariotedjo spesialis gizi dan nutrisi. Stunting dapat mempengaruhi perkembangan anak dari kecil hingga dewasa. “Jangka pendek stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik,” tuturnya.

Stunting juga akan  mempengaruhi kecerdasan anak. Biasanya kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga akan berdampak pada prestasi belajarnya. Selain itu, sistem imun tubuh anak tidak baik. “Anak akan mudah mudah sakit,” terangnya.

Kemudian saat dewasa akan lebih tinggi untuk memiliki risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Makanya ia berpesan, gizi yang baik dan tubuh yang sehat merupakan kunci dari pencegahan stunting.

Beberapa hal yang harus dilakukan, orang tua yakni memberikan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil dan selama menyusui. “Memberikan ASI eksklusif dan nutrisi penting lainnya seiring pertambahan usia anak,” paparnya. (bud/zal)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer