alexametrics


Ternyata Ini Penyebab Kebakaran yang Menghanguskan 24 Los Pasar Sukorejo

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Pasar Sukorejo terbakar. Si jago merah melalap 24 los pedagang. Peristiwanya terjadi pada Senin (7/6/2021) malam. Kemarin Dinas Perdagangan (Disdag) melakukan pembersihan puing-puing kios yang terbakar.

Plt Kepala Disdag Kendal, Alfebian Yulando mengatakan, 24 los berukuran 2×2,5 meter/los. Dari total los yang terbakar, hanya 12 los yang ditempati pedagang. Sementara 12 lainnya kondisinya selama ini memang kosong. Total kerugian ditaksir sementara ini sekitar Rp 200 juta.

“Nanti akan kami bangun di APBD Perubahan.  Karena tidak memungkinkan untuk diperbaiki sekarang menggunakan Dana Tak Terduga (DTT),” katanya kemarin (8/6/2021).

Pihaknya dalam waktu dekat juga akan merelokasi pedagang yang terdampak. “Rencananya akan kami carikan lokasi yang tak jauh dari lokasi. Karena juga tidak terlalu banyak korbannya,” tandasnya.

Diketahui, Pasar Sukorejo terbakar Senin malam. Sekitar pukul 19.30. Diduga api berasal dari tungku kayu milik kios makan Pariyah. Api kemudian merembet ke los, dan membakar 24 los.

Beruntung api segera bisa dipadamkan. Sehingga tidak merembet ke los dan kios lainnya. “Begitu terlihat api, kami langsung melapor ke kantor Pemadam Kebakaran Sukorejo,” kata seorang saksi Yulianto.

Api cepat membesar karena did alam kios banyak barang yang mudah terbakar. Proses pemadaman pun terkendala akses yang sempit. Api baru bisa dijinakkan setelah mobil pemadam datang. “Ada sekitar lima mobil Damkar dikerahkan untuk memadamkan kebakaran ini,” ujar Yulianto.

Kasi Operasional dan Pengendalian Kebakaran Satpolkar Kendal, Ria Listiana Sari mengatakan, api berhasil dipadamkan sekitar setengah jam kemudian atau sekitar pukul 20.00 WIB. Luas areal yang terbakar sekitar 10 x 20 meter persegi. (bud/zal)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer