alexametrics


Tajhjo Kumolo: ASN Harus Loyal kepada Pimpinan

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KendalMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refromasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa seperti personel TNI dan Polri. Patuh dan loyal kepada pimpinan.

Hal disampaikan Menteri Tjahjo usai meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kantor DPMPTSP Kendal. Menurutnya sudah semestinya ASN loyal kepada pimpinan.“Siapa pun bupati ataupun gubernur bahkan presiden. Tidak memandang dari partai politik atau background pemimpinnya,” tuturnya.

Hal ini penting, agar pembangunan dari pusat sampai daerah bisa sejalan. “Jadi ASN harus professional. Sehingga bisa sinkron antara pusat sampai daerah,” katanya.

Terlebih dengan adanya MPP menurutnya bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Sehingga mimpi reformasi birokrasi yang dicita-citakan pemerintah pusat bisa terlaksana.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, MPP yang sudah dicanangkan, pemerintah daerah harus bisa memberikan pelayanan yang baik. “MPP ini tidak sekadar gedung pelayanan. Tapi warga tidak perlu menunggu. Tapi petugas harus pro aktif menunjukan siap melayani kepada semua,” katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, MPP yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta ini, terdiri dari tiga lantai. Bangunan tersebut semula merupakan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang kemudian dikembangkan menjadi MPP.

“Saat ini, ada 23 instansi yang tergabung dalam MPP Kendal. Yakni enam instansi pusat, sebelas instansi daerah, dua Badan Usaha Milik Negara/Daerah, dan tiga instansi swasta,” bebernya.

Sementara jenis layanan yang tersedia di MPP Kendal adalah 304 layanan. Uniknya, ada keterlibatan start-up ternama seperti Grab, GoJek, dan Tokopedia menjadi salah satu keunggulan MPP Kendal. Kerja sama tersebut dilakukan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kendal.

Keunggulan lainya adalah adanya layanan cetak mandiri yang meliputi cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan layanan lainya.  “Dari DPMPTSP, yaitu penerbitan surat izin industri rumah tangga, surat izin penelitan, dan penerbitan kartu pengawasan trayek,” imbuhnya. (bud/zal)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer