alexametrics

Pemadaman TPA Darupono Belum Tuntas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono lama menyisakan persoalan serius. Sampah yang menggunung itu, mengeluarkan asap putih akibat pembakaran gas metana. Permukiman warga sekitar pun terdampak. Dikepung kepulan asap.

Kebakaran dipicu terik panas. Gas metan yang berada dalam tumpukan sampah keluar dan terbakar. Pantauan koran ini, kebakaran terjadi di banyak titik. Terutama bagian paling dasar dari tebing TPA Darupono. Tim pemadam kesulitan menjangkau titik api.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiono mengatakan, telah diterjunkan dua unit mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut. Ditambah empat mobil tangki air yang bertugas menyuplai air ke mobil damkar.

Mobil tidak bisa naik ke TPA, karena sampah sudah menggunung. Pun untuk turun ke jurang TPA juga tidak mungkin karena sangat curam. Untuk menjangkau lokasi, satu-satunya cara adalah menyambung selang air pemadam. Selang pun disambung hingga sepanjang 200 meter.

Baca juga:  Ibunda Ungkap Percakapan Terakhir dengan Serka Ari Baskoro Sebelum Gugur di Papua

Phaknya juga menerjunkan dua alat berat untuk melakukan pengerukan. Sehingga bagian sumber api bisa langsung disiram air. “Cara ini kami lakukan agar air dapat menjangkau bagian dalam sumber api,” tegasnya.

Berbagai upaya telah udilakukan ntuk memadamkan api. Tapi diakuinya belum bisa maksimal. Sebab alat berat dan pemadam tidak dapat menjangkau lokasi  bagian bawah TPA. “Target kami bisa menyelesaikan 90 persen. Tapi sisa 10 persen ini bisa berpotensi meluas kembali apinya,” tandasnya.

Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian pemadam kebakaran Kendal, Ria Listianasari mengatakan, pihaknya menerjunkan dua tim damkar. Satu tim terdiri dari 20 orang. “Rencananya pemadaman akan kami lanjutkan esok hari, mengingat hari ini (kemarin, Red) belum tuntas,” kata Ria. (bud/zal)

Baca juga:  Tingkatkan Ekonomi, Pemkab Kendal Dukung Ekspansi Produk Tekstil

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya