alexametrics

Pelanggar Prokes Didenda Rp 200 Ribu dan Swab Antigen di Tempat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal Satpol PP Kendal bakal menerapkan sanksi denda maksimal bagi pelanggar prokes (protokol kesehatan). Dendanya Rp 200 ribu. Selain itu, menjalani swab antigen di tempat.

Razia dilakukan lantaran Tim Gakkum (penegakan hukum) Prokes melihat, semenjak diberikan kelonggaran aktivitas sosial, masyarakat banyak yang terkesan menyepelekan. Seolah menganggap pandemi telah selesai. Sehingga tidak sedikit warga keluar rumah tanpa mengenakan masker.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, razia masker terus dilakukan di tempat-tempat keramaian. Pihaknya juga menerapkan sanksi denda maksimal. Warga yang terjaring tak mengenakan masker langsung didenda maksimal Rp 200 ribu.

“Pelanggarnya tidak banyak. Artinya kesadaran warga menerapkan prokes masih tinggi. Pelanggar langsung kami sanksi denda maksimal. Tujuannya memberikan efek jera,” tegasnya.

Baca juga:  Polifurneka Kendal-Pemerintah Singapura Jajaki Kerja Sama

Selain itu, pelanggar juga langsung di-swab antigen oleh petugas dari Dinas Kesehatan. Jika hasilnya positif, akan diarahkan  untuk melakukan isolasi mandiri. “Semua yang kena razia dilakukan tes swab antigen. Tapi sejauh ini tidak ditemukan yang positif,” jelas Toni.

Selain operasi prokes, Satpol PP juga melakukan razia penyakit masyarakat, seperti peredaran minuman keras (miras), prostitusi dan sebagainya. Demikian pula razia terhadap gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat tribun tranmas.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo mengatakan, pihaknya juga menggencarkan edukasi pentingnya prokes selama  pengamanan mudik Lebaran.

“Kendal tidak termasuk daerah yang melakukan penyekatan, namun kami juga melakukan edukasi protokol kesehatan,” katanya. (bud/zal)

Baca juga:  Hampir Sebulan Nelayan Kendal Tak Dapat Kuota Solar

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya