alexametrics

Kendal Digelontor 1.000 Unit Bantuan Bedah Rumah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Pemkab Kendal mendapatkan bantuan bedah rumah untuk 1.000 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bantuan akan digelontorkan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebesar Rp 20 juta per rumah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kendal, Noor Fauzie mengatakan, kepastian bantuan itu setelah pihaknya mendampingi Bupati Kendal Dico Ganinduto bertemu dengan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid. Dikatakannya, bantuan tersebut akan mengurangi jumlah angka Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kendal. Saat ini jumlahnya lebih dari 39 ribu unit RTLH yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kendal.

Baca juga:  Pedagang Miras Gambilangu Tak Kapok

Dikatakannya, tahun ini Kendal mendapatkan bantuan BSPS sebanyak 400 unit RTLH. Atau sebesar Rp 8 miliar. Bantuan tersebut saat ini sudah mulai direalisasikan di beberapa wilayah kecamatan. Seperti Patean, Plantungan, Pageruyung, Boja, Singorojo, Gemuh dan Weleri. Setelah Bupati Dico melakukan audiensi akhirnya ditambah 600 unit RTLH. Atau sebesar Rp 12 miliar. Sehingga genap menjadi 1.000 unit RTLH atau sebesar Rp 20 miliar untuk Kendal.

Ia berharap, RTLH ini tidak hanya ditangani oleh Pemkab Kendal saja, tapi ada sumbangan dari Pemerintah Desa. Terlebih desa sekarang memiliki Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Sehingga lebih leluasa untuk melakukan bedah rumah di wilayahnya. “Saya berharap desa satu tahun minimal satu atau tiga RTLH. Maka itu bisa mempercepat penanganan RTLH di Kendal. Jika satu desa tiga RTLH dikalikan jumlah Desa dan Kelurahan sebanyak 286 maka sudah ada 858 unit RTLH berhasil dibangun,” tuturnya.

Baca juga:  KPU Larang Relawan Datang

Sementara itu, Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto mengaku kebutuhan bedah rumah di Kendal masih sangat tinggi. Ia akan berupaya keras dengan menggandeng berbagai pihak untuk melakukan program bedah rumah. “Alhamdulillah ada penambahan jumlah penerima BSPS dari Kementerian PUPR untuk 1.000 unit. Semoga bisa terealisasi semua di tahun ini. Dan nanti akan kami galang juga dari CSR, Baznas dan sebagainya,” tambahnya. (bud/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya