alexametrics

Desa Sumbersari Kembangkan Wisata Aeromodelling

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KendalSumbersari bakal dijadikan desa wisata aeromodelling. Satu-satunya desa di Kendal yang akan mengembangkan miniature pesawat. Langkah tersebut mendapat apresiasi Bupati Dico Mahtado Ganinduto.

Menurut Dico, aeromodelling yang ada di Desa Sumbersari ini, bisa menjadi sarana rekreasi, perlombaan, edukasi. Sehingga bisa memajukan wisata dan ekonomi di Kendal. “Terlebih sekarang Aeromodelling sudah resmi menjadi cabang olahraga (cabor) yang dilombakan,” kata Dico saat membuka Lomba Endurance Glider Fun Game Aeromodelling di Ponpes Al-Ma’wa, Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel. Kegiatan diikuti 40 peserta dari berbagai komunitas Aeromodelling se-Jawa Tengah.

Kedatangannya membuka lomba tersebut, menurutnya sebagai bentuk keseriusan Pemkab Kendal mendorong Aeromodelling di Kendal. “Harapan kami bisa terus dikembangkan lebih baik. Sehingga bisa bersaing dengan daerah-daerah lain,” paparnya.

Pemkab Kendal sudah membangunkan fasilitas runway atau landasan pacu pesawat aeromodelling. Bupati meminta komunitas aeromodelling yang ada di Desa Sumbersari untuk berkolaborasi Provinsi Jawa Tengah untuk memajukannya.

“Kami yakin dan percaya olahraga aeromodelling akan membawa prestasi, baik di tingkat daerah, provinsi maupun tingkat nasional nantinya. Tinggal sekarang keseriusan des aini dalam menggarap aeromodelling,” tambah Dico.

Ketua Panitia Kegiatan Sutrisno menyampaikan 40 peserta merupakan perwakilan dari beberapa komunitas aeromodelling yang ada di Jateng. Seperti Kota Semarang, Pekalongan, Batang, Pemalang dan lainnya. Ajang lomba ini sekaligus menjadi pertemuan antar komunitas aeromodelling.

Plt Kepala Disporapar Kenal, Wahyu Yusuf Ahmadi siap mendukung pengembangan desa wisata aeromodelling yang akan dilakukan Desa Sumbersari. “Terlebih antusiasme masyarakat dengan adanya lomba penerbangan aeromodelling ini sangat tinggi,” katanya.

Di Kabupaten Kendal sendiri pesawat aeromodelling dinilai cukup unik. Sebab diproduksi industri rumahan. Yakni, oleh para santri di Pondok Al-Ma’wa Desa Sumbersari. Pemkab Kendal sangat mengapresiasi atas inovasi kreatif yang sudah oleh para santri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal, Sugiono menyampaikan landasan aeromodelling ini hanya dikerjakan dalam waktu sepekan.“Alhamdulillah hari ini (kemarin) dapat terlaksana, dan akan kami sempurnakan lagi sesuai dengan kaedah-kaedah yang ada di aeromodelling,” katanya.  (bud/zal)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer