alexametrics

Disdag Di-deadline Dua Pekan Selesaikan Pasar Darurat

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KendalBupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto memberi deadline Dinas Perdagangan menyiapkan tempat relokasi untuk pedagang Pasar Srogo dalam waktu dua minggu.

Langkah Dico tersebut merespon keinginan pedagang yang menjadi korban kebakaran untuk segera berjualan kembali.

“Sehingga awal puasa nanti, para pedagang sudah bisa berjualan kembali,” tegas Dico di sela pantauannya ke Pasar Srogo yang terbakar kemarin (7/4/2021).

Menurutnya, kejadian kebakaran Pasar Srogo dan Pasar-pasar lain di Kendal harus menjadi perhatian khusus bagi Disdag Kendal. Tidak hanya antisipasi penanganan ketika terjadi kebakaran, tapi lebih utama adalah tindakan pencegahan. Baik berupa pengecekan bangunan, instalasi listrik dan sebagainya.

“Selama ini yang disiapkan program menanggulangi ketika adanya bencana. Tapi kita tidak serius dalam melakukan antisipasi,” ujarnya.

Menurutnya saat ini Kendal tengah serius dalam percepatan pemulihan ekonomi dan UMKM. Makanya, ia meminta Disdag cepat tanggap.

Pasar Srogo ke depan akan dimaksimalkan baik sisi kualitas bangunan maupun kuantitas. Sehingga ekonomi rakyat bisa hidup.  “Tidak hanya Pasar Srogo, tapi perbaikan seluruh pasar yang ada di Kendal,” tambahnya.

Pemkab akan mengupayakan bantuan untuk meringankan beban para pedagang terdampak kebakaran Pasar Srogo. Hal itu akan dikomunikasikannya dengan  Badan Ambil Zakat Nasional (Baznas) Kendal.

Bupati juga akan menyosialisasikan kepada pihak bank, agar para pedagang yang memiliki pinjaman dapat diberikan relaksasi. “Pada prinsipnya kami akan mendampingi pedagang terdampak dan mencari solusinya untuk meringankan beban mereka,” imbuhnya.

Sementara Plt Kepala Disdag Kendal, Alfebian Yulando mengatakan, saat ini masih proses labfor di Polda Jateng untuk memastikan penyebab kebakaran. “Setelah itu, kami segera bangun dengan melibatkan DPUPR,” terangnya. (bud/zal)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...