alexametrics

Beras Melimpah, Jamin Harga Tak Turun

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KendalBadan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan tidak ada penurunan harga beras, meski produksi beras melimpah.

Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi mengatakan, produksi beras mengalami surplus 12,5 juta ton. Sementara kebutuhan beras rata-rata 2,5 juta ton per bulan. “Jadi sampai akhir tahun kami pastikan aman,” tuturnya saat Sosialisasi Program Serap Gabah Petani di Aula PT Pertani.

Ia juga memastikan tidak ada kenaikan harga saat Ramadan maupun Lebaran Idul Fitri 2021. “Sebab jumlah sudah melimpah, semua daerah surplus beras,” tandasnya.

Agung Hendriardi juga menjamin tidak ada penurunan harga meski produksi melimpah. Sebab telah ada kerja sama dengan Menteri BUMN dan Kementan. Yakni untuk menampung hasil panen petani dengan harga gabah kering Rp 4.300 per kilogram.

Direktur Utama PT Pertani Maryono mengatakan, dengan harga gabah Rp 4.300 per kilogram petani tidak akan merugi. “Program ini memang langkah dari pemerintah agar petani tidak merugi,” tegasnya.

Hingga saat ini, PT Pertani sudah menyerap gabah sebanyak 3.000 ton. Targetnya penyerapan gabah bisa mencapai 300 ribu ton. “Kami memang tidak membeli gabah dari petani langsung. Tapi kami pastikan harga gabah dari petani menjual adalah seharga Rp 4.300,” imbuhnya. (bud/zal)

 

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...