alexametrics

 Bau Menyengat dan Gas Metan Ancam Warga Sekitar TPA Darupono

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KendalTempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono lama menyisakan banyak persoalan. Tumpukan sampah yang menggunung, polusi bau hingga potensi kebakaran akibat gas metan.

Bau menyengat dari TPA Darupono Lama itu sudah tercium jarak 100 meter. “Kalau pas angin kencang, baunya sampai ke permukiman warga,” kata Sarwono, warga Desa Darupono, kemarin (1/4/2021).

Memang, warga sudah terbiasa dengan bau sampah tersebut. Namun yang dikhawatirkan warga munculnya gas metan. Utamanya saat kemarau. Kondisi tersebut dapat memicu kebakaran.

Kalau sudah terbakar, warga bakal terganggu dengan polusi asap. “Sehingga mengganggu kesehatan pernafasan. Terutama anak-anak maupun manula,” tuturnya.

Kemarau tahun lalu, diakuinya asap kebakaran mengakibatkan banyak warga yang menderita infeksi saluran pernafasan akut (Ispa). Makanya ia meminta agar tumpukan sampah tersebut segera diantisipasi.

Salah satu caranya, dengan mengangkut sampah tersebut ke TPA Darupono Baru. Sebab di sana  sudah dikelola dengan sistem Sanitary Landfill. Sehingga sudah tidak menimbulkan gas metan yang menyebabkan bau busuk dan terbakar.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal, Irwin Suryono menjelaskan, tumpukan sampah di TPA lama saat ini masih dalam kajian. Rencananya akan dilakukan revitalisasi TPA.

Revitalisasi dilakukan dengan menguruk sampah dengan tanah. Sehingga nantinya lahan bisa dimanfaatkan kembali. “Lahan bisa ditanami pohon,” akunya.

Namun rencana tersebut, tentu saja harus menunggu sampai gas metan dari pembusukan sampah habis. “Tapi itu masih sebatas rencana. Karena Saat ini masih dalam kajian,” paparnya.“Revitaliasi rencananya akan dilakukan tahun ini, dengan menggunakan APBD perubahan,” imbuhnya. (bud/zal)

 

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...