alexametrics

Bendung Karet Kali Blorong Punya Potensi Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Bendung Karet Kali Blorong memiliki potensi menjadi objek wisata.  Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto bakal mengembangkan potensi itu. Melengkapi areal dengan perahu dayung atau sampan, becak air,  taman air dan sebagainya.

Sehingga nantinya, Bendung Karet Kali Blorong tidak hanya sebagai waduk pengendali banjir, tapi juga sebagai penampung sumber air baku dan destinasi wisata air. Pembangunan bendungan ini didanari APBN sebesar Rp 175 miliar, melalui Kementerian PUPR.

Menurut Dico, pembangunan Bendung Karet Kali Blorong merupakan bagian dari program pemerintah untuk mendukung proyek strategis nasional (PSN). Dalam hal ini untuk memenuhi kebutuhan air baku di kawasan industri kendal (KIK). “Kebutuhan air baku industri-industri nanti bisa diambil dari bendungan ini,” imbuhnya.

Baca juga:  Mengenal Weh-wehan, Tradisi Warga Kaliwungu Menyambut Maulid Nabi

Banyak potensi yang bisa dikembangkan dari Bendung Karet ini. Beberapa pandangan landscape wisata sudah disusun, seperti destinasi wisata air dengan perahu dayungnya, hingga spot foto alam dengan berlatarkan bendungan.”Ini nanti menjadi kolaborasi industri dan pariwisata. Kami akan kolaborasikan dengan pihak KIK, sehingga bisa jadi spot wisata dan pengembangan UMKM,” tegasnya.

Ia berharap pembangunan bisa berjalan lancar dan bisa difungsikan pada Juli 2021. Sementara pembangunan keseluruhan ditarget selesai pada akhir Desember nanti.

Kepala Bidang Irigasi dan Air Baku PJPA BBWS Pemali Juana, Tesar Hidayat mengatakan, pembangunan bendung karet saat ini mencapai 38 persen. Pembangunan bendung dibagi menjadi 3 bagian. Segmen sisi kiri dalam proses pengecoran, segmen tengah pemasangan pancang, dan segmen kanan tahap perataan. (bud/zal)

Baca juga:  Kuota Kursi SMP di Kendal 14.048 Siswa

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya