alexametrics

Ubah Saluran Jadi Kolam Ikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Warga Perumahan Graha Raya I Desa Sarirejo Kaliwungu memanfaatkan saluran menjadi kolam ikan yang jernih. Cara kreatif warga dalam menjaga lingkungan ini patut dicontoh.

Ada ribuan ekor ikan nila dan karper dibudidayakan. Airnya juga bersih karena tidak sedikitpun sampah yang nampak di saluran. Konsep ini untuk mengedukasi warga dalam menjaga lingkungan. Agar tidak membuang sampah ke saluran.

“Jadi perumahan ini bersih. Pemandangan di tengah perumahan juga nampak indah,” kata Jawahir Muhammad, ketua paguyuban warga Perumahan Graha Raya I, Desa Sarirejo, Kaliwungu.

Ikan di saluran juga memberikan nilai ekonomis. Warga bisa menjual atau dimasak sendiri. “Kebutuhan nutrisi warga juga terpenuhi, ekonominya juga dapat,” tambahnya.

Baca juga:  Napi Lapas Kendal Dibekali Keterampilan Mengelas

Dikatakan, ke depan lokasi ini akan menjadi wisata edukatif yang dipadukan dengan UMKM warga. Sehingga perekonomian bisa kembali bangkit di pandemi Covid-19. “Yang jelas wisata kalen edukasi graha ini menjadi wahana liburan keluarga di perumahan ini,” tandasnya.

Kemarin, warga juga menggelar lomba mewarnai di lokasi saluran.  Anak-anak terlihat antusias. “Seneng bisa ikut lomba apalagi pemandangannya bagus kolam dan salurannya banyak ikannya,” ujar Cikal, warga Perumahan Graha Raya. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya