alexametrics

Lima Tahun Tak Dirawat, Stadion Utama Kendal Mangkrak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Kondisi Stadion Utama Kendal mangkrak. Sudah lima tahun tidak ada perawatan. Banyak kursi tribun yang berkarat dan keropos.

Pantauan koran ini, kondisi stadion hampir sudah satu tahun lebih selama Pandemi Covid-19 ini ditutup. Tidak ada aktivitas latihan maupun pertandingan olahraga. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal menutup pintu masuk untuk mengurangi kerumunan masyarakat.

Bagian barat tribun, kondisi kursi banyak yang sudah berkarat. Bahkan beberapa di antaranya keropos. Sementara di sisi tribun timur, kondisi bangunan banyak yang rusak. Lantai keramik amblas.

Kepala Peningkatan Prestasi Disporapar Kendal, Zen Yukri Iswandaru mengakui sejak awal pemasangan hingga kini belum pernah ada perawatan.  “Kira-kira sudah sejak 2016 silam belum pernah ada perawatan,” katanya.

Baca juga:  Kendal Serius Kembangkan Sport Tourism

Selama 2020 diakuinya, memang tidak ada anggaran rehab gedung dan fasilitas di Stadion Utama Kendal. Alasannya, refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Ada anggaran tapi jumlahnya kecil. Itu pun untuk empat stdion. Stadion Utama, Stadion Madya, GOR Bahurekso dan Lapangan Tenis. Sifat berawatan hanya pengecatan bangunan saja,” tandasnya.

Kerusakan kursi tribun diakuinya karena faktor usia. Diperparah terkena kotoran burung dan hujan. Hasilnya kursi mudah korosi. “Tahun ini ada anggaran perawatan, tapi kami tidak tahu nanti peruntukannya,” ujarnya.

Disinggung pemanfaatan stadion, sementara ini dibuka khusus Sabtu dan Minggu. Mulai pukul 07.00-17.00 WIB. “Itupun masyarakat hanya bagian luar saja. Untuk dalam khusus untuk atlet Kendal,” tambahnya.

Baca juga:  Belly Dance dan Bahagia Tingkatkan Imun Tubuh

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto mengaku prihatin. Ia akan berupaya mencarikan anggaran dari pemerintah pusat. Dalam hal ini Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

“Banyak sekali yang perlu dibenahi. Kami akan usulkan ke Kemenpora nantinya agar bisa dianggarkan. Sebab stadion ini menjadi fasilitas utama bagi atlet dan warga Kendal untuk berolahraga,” tandasnya sembari menambahkan, pembukaan stadion masih akan dikaji lagi.  (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya