alexametrics

500 Personel Banser Bangun Talut Darurat Lanji

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Sebanyak 500 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kendal terjun langsung membantu  penanggulangan banjir. Dengan mengumpulkan tanah dalam karung untuk membuat talut darurat Sungai Bodri di Desa Lanji, Kecamatan Patebon.

Baksos bertajuk Banser Bersama TNI Mengabdi untuk Negeri tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-95.

“Banser GP Ansor Kendal bersama TNI melakukan tambal darurat talut yang rawan jebol di Desa Lanji. Caranya membendung talut menggunakan karung yang diisi tanah. Kegiatan ini melibatkan seluruh Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) di 20 kecamatan,” ujar Ketua Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser GP Ansor Kendal, Alex Nur Abyadl kemarin (31/1/2021).

Baca juga:  Direktur CV Dipo Rendra Ditahan

Kegiatan difokuskan untuk pembangunan talut darurat Sungai Bodri. Mengingat kondisi tanggul di Desa Lanji sudah kritis. Rawan jebol jika volume air sungai meningkat. Beberapa kali talut bocor dan limpasan air sungai mengenangi permukiman.  “Bahkan warga harus diungsikan ke tempat yang aman karena rawan banjir bandang jika talut sampai jebol,” tuturnya.

Ketua PC GP Ansor Kendal, Misbachul Munir menambahkan, melihat hujan empat hari ini berturut-turut, volume air sungai meningkat drastis. Bahkan di beberapa titik meluap.

“Terlebih di Desa Lanji ini, masyarakatnya selalu waswas akan kondisi talut sungai yang kian longsor. Makanya kami koordinasikan Satkoryon Banser di setiap kecamatan untuk mengumpulkan tanah dalam karung. Hal  ini sebagai langkah konkret dalam mengantisipasi jebolnya talut Sungai Bodri,” jelasnya.

Baca juga:  Banser Kaliwungu Digembleng Tanggap Bencana

Peringatan Harlah NU tahun ini diakuinya dilakukan secara sederhana. Bahkan ia sudah memberikan instruksi kepada semua Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk tidak menggelar perayaan Harlah NU secara berlebihan. “Apalagi sampai mengumpulkan massa dalam jumlah banyak,” paparnya. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya