alexametrics

Dico: Warga Miskin Harus Terjamin Kesehatannya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KendalCalon Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto menjanjikan peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan. Menurutnya belum semua warga dapat mengakses layanan kesehatan. Terutama bagi warga pra-sejahtera atau keluarga miskin.

Cabup yang akrab disapa Mas Dico ini, mendapatkan banyak masukan perihal layanan kesehatan. Mereka yakni warga pra-sejahtera selama ini kesulitan mengakses layanan kesehatan. Alasan pertamanya adalah urusan finansial.

“Seperti biaya rumah sakit atau pengobatan mahal, tidak memiliki cukup biaya dan sebagainya. Itu menjadi alasan mendasar,” kata Dico.

Menurut Dico, di Kendal masih banyak warga kurang mampu yang belum tercover BPJS Kesehatan.  Ini menurutnya persoalan serius yang harus diselesaikan. “Makanya target saya, jika terpilih semua warga miskin harus tercover BPJS Kesehatan,” tandasnya.

Baca juga:  Rasa Otentik Bebek Ungkep Mak Kis

Permasalahan kedua yakni minimnya fasilitas kesehatan. Hal ini banyak dialami oleh warga di wilayah Kendal bagian atas. Yakni mereka merasa belum ada fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai.

“Warga dari daerah atas, seperti di Kecamatan Sukorejo, Patean, Plantungan itu terlalu jauh untuk mengakses layanan kesehatan. Sehingga dari mereka justru pada lari ke rumah sakit kabupaten sebelah. Ada yang ke Temanggung dan ada yang ke Batang,” jelasnya.

Masalah seperti ini menurutnya, akan diselesaikan dengan menjadikan seluruh puskesmas dengan puskesmas rawat inap. Selain itu meningkatkan pelayanan puskesmas yang ada dengan peralatan medis dan dokter-dokter. “Sehingga ke depan warga dari wilayah atas tidak lagi harus jauh-jauh turun ke bawah atau ke kabupaten tetangga,” tandasnya. (bud/zal)

Baca juga:  Mirna Turun Langsung Beri Bantuan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya