alexametrics

Dico: Pertanian Jadi Kunci Kemajuan Kendal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Kelangkaan pupuk menjadi salah satu kendala utama bagi majunya sektor pertanian di Kendal. Jika ingin hasil pertanian berhasil, harus ada jaminan ketersediaan pupuk.

Demikian dikatakan Calon Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto saat menyambangi relawan di Pageruyung. Dico mengaku jika selama ia berkeliling ke desa-desa, banyak para petani yang berkeluh kesah. Utamanya masalah pupuk  yang sangat sulit didapat. Bahkan keberadaan pupuk menjadi langka saat musim tanam.

“Nyaris setiap desa yang saya kunjungi, para petaninya mengeluh sulit mendapatkan pupuk,” katanya.

Padahal 60 persen wilayah Kendal adalah pertanian. Itu artinya ada 60 persen warga Kendal yang menggantungkan hidupnya dari pertanian. Maka jika ingin Kendal maju, pertanian harus diutamakan.

Baca juga:  Ribuan Warga Serbu Pasar Kembang Weleri

Dengan memajukan pertanian, maka Pemkab Kendal sudah menyelamatkan 60 persen warganya. “Kalau petani sejahtera, maka sektor perdagangan dan komoditas pangan lain juga akan sejahtera,” jelasnya.

Selain itu, dengan keberhasilan pertanian, maka Kendal bisa mendukung kedaulatan pangan yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

“Dengan pengalaman saya dan komunikasi yang sudah saya bangun di pusat, kami yakinkan persoalan kelangkaan pupuk ini akan terselesaikan,” ujarnya.

Selain itu petani juga harus diberikan kemudahan modal usaha dengan suku bunga rendah. Agar sektor pertanian berkembang. Termasuk memberikan pelatihan pertanian modern, pengembangan teknologi pertanian yang ramah lingkungan. “Sehingga petani bisa untung,” tandasnya.

Ia juga berencana akan membentuk koperasi-koperasi pertanian. Menurutnya sistem koperasi ini nantinya memberikan kemudahan bagi petani untuk menjual produknya maupun mendapatkan pupuk.“Sehingga ekonomi masyarakat bisa mandiri sekaligus ada pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.  (bud/zal/bas)

Baca juga:  Grab Tanggapi Keluhan Asosiasi Driver Semarang

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya