alexametrics

Klaster Setda Kendal, Delapan ASN Positif Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Kompleks perkantoran Sekretariat Daerah (Setda) Kendal kembali menjadi klaster penyebaran Covid-19. Hal itu setelah Tim Satgas Covid-19 Kendal menemukan delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari delapan ASN tersebut, dua di antaranya adalah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yakni, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendal berinisial WA, dan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) berinisial CS.  Selain itu, Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Setda Kendal.

Ya benar, lingkungan Setda Kendal menjadi klaster lagi setelah sebelumnya sempat mereda,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal Ferinando Rad Bonay kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (20/10/2020).

Baca juga:  Grand Edge Luncurkan Eco Lifestyle Campaign 2020

Delapan ASN positif Covid-19 itu terdiri atas tiga ASN dari BKPP, satu ASN dari Diskominfo Kendal, serta empat ASN UKPBJ.

“Hari ini (20/20/2020) langsung kami lakukan tracing kepada mereka yang melakukan kontak dengan pasien positif. Mereka dilakukan tes swab atau usap tenggorokan dengan diambil sampel lendirnya,” ujarnya.

Di Diskominfo Kendal, ada enam orang kami swab. Mereka adalah yang melakukan kontak langsung dengan Kepala Diskominfo. Kemudian di BKPP ada 40 ASN dilakukan swab masal. Sedangkan UKPBJ rencananya akan dilakukan swab hari ini (21/10/2020).

“Mereka yang kontak langsung dengan pasien Covid-19 sudah kami minta untuk isolasi mandiri, sampai hasil swab-nya keluar. Jika negatif bisa bepergian. Jika positif, maka wajib melanjutkan isolasi mandiri hingga 14 hari ke depan,” jelas Ferinando.

Baca juga:  Perbaiki Layanan, PDAM Tambah Sumur, Bak Penampungan dan Tekan Kebocoran

Dari delapan ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19, ada seorang yang dirawat di RSUD Soewondo Kendal. Sedang empat lainnya dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kendal, dan sisanya menjalani isolasi mandiri.

“Kami juga melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan ke kantor yang menjadi klaster penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Data terakhir Dinas Kesehatan Kendal, jumlah positif Covid-19 di Kendal mencapai 1.318 kasus. Rinciannya, pasien yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 113 orang, dirawat di rumah sakit ada 36 orang, dan sembuh sebanyak 1.107 orang. “Pasien meninggal dunia karen Covid-19 ada 62 orang, tersebar di sejumlah wilayah di Kendal,” papar Feri.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh ASN untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yakni, tetap wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak aman serta menjauhi kerumunan. “Upaya ini agar penularan Covid-19 tidak semakin meluas,” katanya. (bud/aro/bas)

Baca juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup, Siswa SMP N 4 Cepiring Tanam Pohon

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya