Dico: Setiap Kecamatan di Kendal Butuh Satu Mobil Damkar

353
Bacabup Kendal, Dico Mahtado Ganinduto mengunjungi korban kebakaran di Desa Purworejo, Kecamatan Ringinarum, Rabu (16/9/2020). (Budi Setiyawan/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Bakal Calon Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto bergerak cepat untuk melihat dan menata persoalan di Kendal. Salah satunya dalam hal penempatan dan penambahan mobil pemadam kebakaran.

Menurut Politisi Golkar itu, keberadaan mobil pemadam kebakaran perlu ditambah. Sehingga bisa menjangkau setiap kecamatan. “Setiap kecamatan paling tidak memiliki satu unit, jika ada 20 kecamatan maka paling tidak ada 20 pemadam,” katanya saat meninjau rumah korban kebakaran di Desa Purworejo, Kecamatan Ringinarum, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya insiden kebakaran yang menimpa lima rumah, tiga diantaranya ludes adalah karena jauhnya akses mobil pemadam kebakaran. Sehingga sulit menjangkau daerah-daerah pelosok.

Seperti di Ringinarum ini, akses mobil damkar terdekat adalah di Weleri dan Kota Kendal. Padahal untuk menuju ke Ringinarum butuh waktu. “Sehingga saat mobil damkar sampai lokasi, api sudah membesar dan merembet ke bangunan lainnya,” tandasnya.

Oleh karena itu menurut Dico diperlukan penambahan mobil damkar. Selain itu penempatan mobil damkar di setiap kecamatan yang strategis di tengah-tengah kecamatan.  Dimana mudah menjangkau semuda desa setempat.

“Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, mobil damkar terdekat sudah bisa langsung bergerak tanpa menunggu lama. Jadi tidak sampai membesar atau merembet ke bangunan sekitarnya,” tambahnya.

Sebagai Bacabup Kendal, Dico memberikan apresiasi terhadap gotong royong dan kepedulian warga Kendal. Yakni dalam membantu sesama yang tertimpa musibah diacungi jempol bakal calon bupati Dico M Ganinduto.

Kepedulian warga Kendal terlihat dari banyaknya bantuan yang diberikan kepada korban kebakaran di Desa Purworejo Kecamatan Ringinarum Kendal. Dalam dua hari saja bantuan yang terkumpul dari donatur sudah mencapai Rp 100 juta. Tidak hanya itu bantuan berupa barang dan tenaga juga diberikan warga Kendal.

“Saya bangga dan mengapresiasi semangat gotong royong warga Kendal dalam membantu sesama. Semoga semangat ini terus ditingkatkan dan dipelihara untuk bersama membangun Kendal lebih baik,” katanya.

Dalam kesempatan melihat lokasi bencana kebakaran ini, Dico ikut memberikan bantuan kepada seluruh korban yang diserahkan kepada Pemerintah Desa Purworejo untuk disalurkan. Dico juga sempat berbincang dengan korban kebakaran, untuk terus semangat dan bersabar menerima musibah ini.“Kepada korban untuk tetap semangat dan tabah menghadapi bencana ini, semoga bisa segera membangun tempat tinggal dan meneruskan kehidupan dengan lebih baik lagi,” imbuh Dico. (bud/bas)