alexametrics

Paguyuban Petani Kendal Minta Bupati Dirikan BUMP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sejumlah petani yang tergabung dalam Paguyuban Petani Kendal mengusulkan untuk Badan Usaha Milik Petani (BUMP) kepada Bupati Mirna Annisa kemarin.

Dengan adanya BUMP, maka hasil pertanian dapat ditampung, diolah dan dipasarkan dengan harga tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang. “Sehingga petani bisa berdaulat pangan tanpa menggantungkan bantuan dari pemerintah,”  kata Sekretaris Paguyuban Petani Kendal Nur Azis kemarin (10/8/2020).

Hal senada dikatakan petani lain, Supriyanto. Menurutnya, tujuan dibentuknya paguyuban petani dan akan membentuk BMUP adalah untuk merubah cara pertanian di Kendal. Yakni dari pertanian konvensional menjadi milenial.

“Baik secara segi pengelolaan, pembudidayaan tanaman, pemanenan, pengolahan hingga ke pemasaran hasil pertanian. Sehingga petani  bisa maju. Selain itu dengan adanya BUMP petani bisa memiliki wadah yang menjamin hasil pertaniannya.

Baca juga:  Proyek Tanggul Malang Tak Tuntas

Mirna Annisa menyambut baik niat petani akan mendirikan BUMP. Hal ini adalah cara agar hasil pertanian di Kendal bisa dikenal secara nasional nantinya.

“Dengan adanya BUMP, petani akan belajar tidak hanya menanam sampai memanen. tapi mereka bisa belajar mengolah untuk menjadi produk yang berbeda. jadi memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” tuturnya.

Dengan adanya BUMP ini akan menyatukan petani-petani yang ada di Kendal. Baik dari hasil pertanian area persawahan maupun perkebunan.

“Selama ini pertanian seperti dipermainkan dengan nilai jual hasil pertanian. BUMP juga memudahkan petani untuk mendapatkan program bantuan dari pemerintah tingkatan daerah, provinsi hingga kementerian,” imbuhnya. (bud/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya