Masa Libur Siswa akan Diperpanjang 14 Hari

10415
Kepala Disdikbud Kendal saat mengikuti Rapat Gugus Tugas Penanganan Virus Korona di Ruang Ngesti Widhi. (Budi Setiyawan/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal berencana akan menambah waktu siswa belajar di rumah. Selain itu Disdikbud juga menunda waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB).

Demikian dikatakan Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi disela Rapat Gugus Tigas Cepat Penanganan Virus Korona di Ruang Ngesti Widhi Kantor Bupati Kendal, Selasa (24/3/2020). Menurutnya, pertimbangan tersebut diambil karena adanya masa perpanjangan waktu darurat Virus Covid-19 sampai 29 Mei 2019.

“Untuk yang pertama sampai 29 Maret ini sudah hampir habis. Rencana akan kami tambah 14 hari lagi agar siswa belajar di rumah,” kata Wahyu Yusuf.

Sedangkan untuk pelaksanaan UN juga akan diundur. Tapi waktunya berapa lama, pihaknya masing menunggu dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. “Kami masih menunggu kebijakan dari Kemendikbud,” ujarnya.

Selain itu juga PPDB di seluruh sekolah baik negeri maupun swasta besar kemungkinan juga akan ditunda untuk waktu yang belum ditentukan. “Prinsipnya memang meminimalisir aktivitas dan diam diri di rumah. Tujuannya untuk memutus mata rantai penularan Virus Korona,” tandasnya.

Namun dengan perpanjangan waktu libur sekolah. Semua siswa tetap belajar di rumah. “Guru kelas maupun guru mata pelajaran tetap wajib memberikan tugas pembelajaran kepada siswa melalui komunikasi dengan orang tua siswa,” imbuhnya. (bud/bas)

Tinggalkan Balasan