alexametrics

Di Kendal, Calon Pengantin Bakal Dites Narkoba

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Kendal menjadi wilayah yang strategis sebagai jalur peredaran narkoba. Sebab berada di perbatasan Kota Semarang yang didukung dengan jalur darat maupun laut, dengan adanya Pelabuhan Kendal. Selain itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendal juga akan mencanangkan wajib tes bagi pasangan pengantin sebelum menikah.
Demikian dikatakan kepala BNN Kendal AKBP Sharlin Tjahaja Frimer Arie saat Rapat Koordinasi (Rakor) program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba. Makanya, di 2020 ini BNN Kendal akan mencanangkan dan membentuk Program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba).
Harapannya dengan Desa Bersinar ada peran masyarakat dalam memerangi dan mencegah peredaran narkoba di wilayah Kendal. “Masyarakat ikut serta mengawasi adanya peredaran narkoba di lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya.

Baca juga:  Kakak Adik di Kendal Kompak Jadi Pelaku Curanmor

Sharlin mengakui jika Kendal tidak masuk dalam daftar daerah yang rawan narkoba. Tapi jika melihat sisi perkembangan dan letak geografis Kendal, maka bukan Kendal menjadi daerah strategis. “Sebab Kendal sekarang ini terdapat beberapa jalur baik laut maupun daerah pegunungan,” tandasnya.

Wilayah Kendal, lanjut Sharlin, terbilang strategis karena diapit beberapa fasilitas pendukung untuk jalur narkoba. Terutama jalur laut dan daerah pegunungan yang jarang terpantau langsung seperti daerah perkotaan. “Makanya, kami 2020 ini mendorong desa-desa untuk membangun desa Bersinar,” jelas Sharlin.

Sementara adanya pemanfaatan jasa transportasi dan pengiriman barang, BNN Kendal menggandeng sejumlah perusahaan jasa kurir. Seperti Kantor Pos, Ojek Online. Yakni dengan memberikan bimbingan maupun pemahaman tentang narkoba. Termasuk pelayanan pengiriman yang dinilai mencurigakan harus ditanya dengan tegas. Tujuannya pihak layanan dapat mengambil sikap.

Baca juga:  Semalam Suntuk Tidak Bisa Tidur

Di sisi lain program Desa Bersinar BNN Kendal turut mengambil langkah baru seperti dilakukan di daerah Bali. Yakni dengan menerapkan tes narkoba bagi calon pengantin. Tujuannya, menciptakan lingkungan dan rumah tangga yang bersih dari narkoba.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur mewakili Bupati Kendal Mirna Annisa menyambut baik tentang rencana BNN Kendal. Yakni  mewujudkan Desa Bersinar terutama program tes bebas narkoba bagi calon pengantin.

“Jelas hal itu adalah terobosan bagus, dengan mewujudkan desa bersih dari narkoba tentu saja dimulai dari keluarga. Itu juga memiliki tujuan yang baik nantinya,” kata Masrur. (bud/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya