alexametrics

Mahasiswa KKN Upgris Kembangkan Budidamber

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL-Menjadi wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi membuat Desa Krajankulon, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal memiliki masalah besar terkait lahan yang terbatas. Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (Upgris) berupaya mengembangkan pemanfaatan lahan sempit melalui pelatihan wirausaha budidaya ikan dalam ember (Budidamber).

Pelatihan yang dilakukan di rumah ketua PKK ini diikuti oleh 18 peserta. Tak hanya diikuti oleh ibu-ibu PKK, pemuda-pemudi desa setempat pun turut bergabung dan menyimak sepanjang jalannya pelatihan.

Adapun pelatihan Budidamber ini dipimpin langsung oleh Ardiangga, 21, salah satu mahasiswa KKN Upgris. Ia menjelaskan bahwa bahan yang diperlukan tidak banyak. Warga hanya perlu mempersiapkan ember dengan ukuran 50 liter, gelas plastik, kawat, tang, solder, benih ikan lele, batang kangkung, dan air.
Ia menambahkan bahwa batang kangkung yang digunakan bisa dari limbah bekas ibu-ibu memasak. Dengan demikian, pelatihan ini dapat sekaligus mengurangi sampah organik di rumah. “Jadi, dalam satu ember dapat memanen lele dan kangkung untuk satu kali budidaya,” imbuhnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Sabtu (15/2).

Baca juga:  Mahasiswa KKN UPGRIS Ciptakan Lagu “Cegah Corona”

Sri selaku ketua PKK sekaligus peserta mengaku senang dengan pelatihan ini. Baginya, itu pemecah masalah dari keterbatasan lahan warga. “Harapan saya, ibu-ibu di rumah bisa mempraktikkan wirausaha Budidamber ini sehingga dapat memanfaatkan waktu luang sembari menambah penghasilan bagi keluarga,” ujarnya. (nor/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya