alexametrics

MPP Dioperasikan April

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL, – Guna mempermudah dalam mengurus izin, Pemkab Kendal kini tengah membangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Diperkirakan April mendatang MPP sudah bisa beroperasi dengan tempat di Lantai satu Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kendal.(BUDI SETIYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Kepala DPMPTSP Kendal, Anang Widiasmoro, saat ini dalam tahap pengerjaan dan pengadaan sarana dan prasarana. Sedikitnya telah disiapkan 15 counter pelayanan yang sudah dibangun. “Ini bertahap, memang belum bisa seluruhnya karena gedungnya juga terbatas,” katanya, kemarin (6/2).

Tapi dengan adanya MPP ini setidaknya memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan pajak, izin usaha, SIM, transaksi perbankan dan sebagainya. Yakni yang memang memungkinkan untuk dilakukan pelayanan dengan ruang yang terbatas. “Saat ini dalam tahap finishing tempat pelayanan, harapannya akhir maret atau maksimal April sudah bisa beroperasi,” tandasnya.

Baca juga:  Kendal Butuh Lima Juta Mangrove untuk Amankan Pesisir

Pihaknya telah menyiapkan draft nota kesepahaman bersama (MoU) dengan instansi vertikal. Seperti pajak, kepolisian, perbankan kantor pertahanan dan sebagainya. “Pelayanan publik nantinya menjadi satu di sini,” tandasnya.

Untuk izin usaha, diakuinya nantinya butuh Surat Keputusan (SK) Bupati untuk penempatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Teknis. Seperti, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan sebagainya. “Sehingga bisa memudahkan investor untuk mengurus izin di Kendal,” akunya.

Untuk perizinan tertentu, memang tidak bisa langsung selesai dalam satu hari. Sebab harus dilakukan verifikasi lapangan terkait pengajuan izin tertentu. Diantaranya izin prinsip maupun izin mendirikan bangunan (IMB), membutuhkan dilakukan cek lapangan untuk mengetahui luas, batas dan lokasinya.

Baca juga:  Normalisasi Sungai Bodri Digelontor Rp 80 M

Besar anggaran untuk mendirikan MPP tersebut terbagi menjadi beberapa item pembiayaan. Pembiayaan itu antara lain untuk penataan ruang sekitar Rp 1,3 miliar, lift Rp 800 juta, penataan interior dan sarana prasarana penunjang sekitar Rp 500 juta. “Anggaran bersumber dari APBD Kendal,” imbuhnya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa menambahkan dengan adanya MPP ini memberikan kemudahan investasi di Kendal. Diantaranya kemudahan perizinan bagi investor yang akan masuk ke Kendal. “Dengan adanya MPP di DPMPTSP calon investor yang mengurus perizinan mudah dengan waktu singkat,” katanya. (bud/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya