Guru Zaman Now Perlu Menulis Artikel Populer

351
SEMANGAT MENULIS: Peserta pelatihan penulisan artikel ilmiah populer berfoto bersama dengan Syahban Siantoro, Jaitoe Rohman, dan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyantini. (TASROPI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
SEMANGAT MENULIS: Peserta pelatihan penulisan artikel ilmiah populer berfoto bersama dengan Syahban Siantoro, Jaitoe Rohman, dan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyantini. (TASROPI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

RADARSEMARANG.ID, KENDAL, – Sebanyak 207 guru di wilayah Kabupaten Kendal dan sekitarnya, Minggu (2/2) kemarin, mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah populer di media massa yang digelar Jawa Pos Radar Semarang bekerja sama dengan MGMP IPA SMP Kabupaten Kendal.

Pelatihan yang diadakan di lantai III SMP Negeri 2 Kendal itu dibuka oleh Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Syahban Siantoro SPsi.

Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Kendal Jaitoe Rohman mengatakan, pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang penulisan itu mendapat antusisme yang tinggi dari para guru. Terbukti, dari target peserta 100 guru, membengkak menjadi 207 peserta.

“Kami terpaksa menolak peserta, karena kapasitas ruangan sudah tidak memungkinkan. Mudah-mudahan ke depan bisa digelar pelatihan lagi,” kata guru IPA SMP Negeri 2 Brangsong, Kendal ini.

Dikatakan, peserta pelatihan tidak hanya guru SMP, tapi juga guru TK, SMP, MTs, SMA dan SMK. Juga para kepala sekolah dan pengawas. “Peserta tidak hanya dari Kendal, tapi juga dari Kota Semarang, Batang, Pekalongan, dan paling jauh dari Jepara,” ujarnya.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Syahban Siantoro SPsi menyambut baik digelarnya pelatihan penulisan artikel ilmiah populer di media massa tersebut. Sebab, guru zaman now memang dituntut memiliki kompetensi dalam bidang penulisan artikel di media massa.

“Apalagi artikel yang dimuat di Jawa Pos Radar Semarang nanti bisa dipakai untuk PAK kenaikan pangkat juga. Saya sangat mengapresiasi teman-teman pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Kendal yang sudah menggelar pelatihan ini,” kata Toro, sapaan akrabnya.

Pelatihan yang berlangsung dua hari dan dilanjutkan bimbingan online ini menghadirkan narasumber Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto serta sejumlah narasumber lainnya.

“Terima kasih pihak panitia penyelenggara kegiatan dan Jawa Pos Radar Semarang, Insya’Allah ilmunya berkah dan tambah silaturahim. Kami dukung tahun depan mengadakan lagi untuk mengisi SKP,” ujar Umi Salamah, salah satu peserta. (aro)

Tinggalkan Balasan