alexametrics

Tingkatkan Kompetensi Satpam Jaga Kondusivitas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL, — Satuan pengamanan (Satpam) diharapkan menjadi garda terdepan dalam mendeteksi gangguan keamanan sejak awal. Satpam harus menyampaikan informasi secara cepat kepada pihak kepolisian. Satpam juga dituntut mampu melakukan tindakan pertama di Tempat Kejadian Perkara (TKP) jika terjadi ancaman keamanan.(BUDI SETIYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Hal tersebut diungkapkan Kasat Binmas AKP Sodiqin selaku pembina Satpam, apel Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Satpam di halaman Mapolres Kendal kemarin. “Kami dari pihak Kepolisian selaku pembina tentu menekankan jika tugas satpam harus mampu mendeteksi gangguan,” katanya.

Apel digelar sebagai bentuk penghargaan kepada satpam yang telah membantu keamanan di tengah aktivitas masyarakat.

Sementara itu, Wakapolres Kendal Kompol Sumiarta mengatakan, jika satpam merupakan salah satu mitra utama polri dalam hal pengamanan. Tidak heran jika setiap satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam pengamanan.

Baca juga:  Waduh! Banyak Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu Punya Lebih dari Satu Lapak

“Satpam merupakan salah satu pendukung terbesar dalam hal pengamanan. Di mana keberadaan satpam memberikan keamanan kepada beberapa pihak diantaranya Kepolisian, Pemerintah dan Perusahaan,” kata Sumitro dalam Apel bertajuk mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif menuju Indonesia maju.

Profesi satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Konsistensi dan kontribusi besar satpam telah ikut mendukung program pemerintah khususnya dalam menjaga keamanan. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya