alexametrics

Kepsek Wajib Miliki Lima Dimensi Kompetensi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL, – Kepala Sekolah (Kepsek) TK, SD, SMP diminta untuk meningkatkan kinerja. Yakni untuk menciptakan kreativitas dan inovasi pendidikan. Sebab maju dan tidaknya pendidikan dalam sekolah sekarang ini bergantung pada pucuk pimpinannya.(BUDI SETIYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi. Hal itu ditegaskannya saat menyerahkan sertifikat uji kompetensi kepada 587 Kepsek TK, SD dan SMP se-Kendal.
Uji kompetensi Kepsek dilaksanakan 2019 lalu ini bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jateng. Kepada 587 kepsek yang menerima sertifikat, ia berharap agar saling memberikan masukan.
Wahyu menjelaskan, mengawali tahun ajaran baru nanti, pihaknya akan melakukan konsolidasi antar kepala sekolah. Tujuannya agar mereka dapat menerima masukan dengan tema diskusi, agar tercipta satu tujuan Kendal Cerdas. “Sesuai Permendikbud Nomor 6 tahun 2018, mewajibkan bagi kepala sekolah untuk mengikuti diklat penguatan Kepsek,” katanya, di Pendopo Kendal, kemarin (21/10).
Tatik Supriyati, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Ketapang mengatakan, dengan adanya sertifikat tersebut dapat memberikan motivasi dalam bekerja. Baginya keberadaan sertifikat merupakan sebuah penghargaan yang tinggi. “Dengan adanya sertifikat ini saat ini saya sudah punya nomor unik kepala sekolah,” tuturnya.
Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan, peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007, tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, mengamanatkan bahwa kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah. Yakni wajib memiliki lima dimensi kompetensi.
Lima kompetensi itu meliputi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. “Hal ini yang melandasi secara bertahap dan berkesinambungan kompetensi kepala sekolah harus ditingkatkan melalui diklat penguatan kepala sekolah,” katanya.

Baca juga:  Atasi Rob, Pemkab Kendal Usulkan Pembangunan Tanggul Laut

Mirna mengungkapkan, sertifikat tersebut merupakan bukti bahwa anda semua layak menjadi kepala sekolah dengan diberikannya sertifikat penguatan ini. Semua kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja. “Karena status semuanya saat ini murni sebagai guru yang ditugaskan Kepala Sekolah bukan diperbantukan,” ujarnya. (bud/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya