alexametrics

Kios Roboh Tertimpa Pohon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL — Sebuah pohon asem besar dengan diameter kurang lebih satu meter di tepi Sungai Kendal, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal, tumbang. Tidak ada korban jiwa, tapi mengakibatkan satu kios milik warga roboh akibat tertimpa pohon.

Penyebabnya diduga selain telah berumur tua, juga diakibatkan lantaran tergerus air sungai. Sebab selama sepakan terakhir aliran Sungai Kendal deras karena luapan air sungai akibat curah hujan tinggi.

Selain merobohkan satu kios berikut isinya, pohon juga menutup aliran sungai. Akibatnya air sungai meluap ke jalan raya. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal juga mengalami kendala untuk melakukan pembersihan dan pemotongan. Hal itu lantaran arus sungai yang deras, sehingga sangat beresiko jika dilakukan pemotongan.

Baca juga:  Pemkab Kendal Target Turunkan 7.000 Pengangguran

“Dugaannya pohon asem berukuran besar akarnya terkikis derasnya aliran sungai yang meluap. Selain itu lantaran kondisi tanah yang basah sehingga daya rekatnya nol. Akibatnya begitu diterpa angin, pohon langsung roboh,” kata Petugas BPBD Khaerul Huda.

Pemotongan dilakukan petugas BPBD Kendal dengan menunggu kondisi aliran sungai agak surut. Pemotongan harus segera dilakukan latnaran jika tidak akan menyebabkan banjir, karena aliran air sungai terhambat. “Petugas harus turun ke sungai yang arusnya deras untuk mengangkat ranting pohon yang telah dipotong menggunakan gergaji mesin,” tuturnya.

Kondisi sungai yang debit airnya naik dan berarus deras ini menjadi kendala petugas untuk menyingkirkan pohon yang tumbang. Meski sudah menggunakan tali agar dahan yang dipotong tidak terbawa arus, namun petugas harus terjun ke sungai untuk mengangkatnya karena tersangkut. (bud/zal)

Baca juga:  Tinjau Posko Pasar Sehat, Ganjar Diserbu Pedagang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya