alexametrics

Miras Oplosan Masih Marak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Sebanyak 2.768 botol minuman keras (miras) dimusnahkan oleh Polres Kendal. Selain itu juga ikut dimusnahkan 625 liter miras oplosan. Minuman haram yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil razia yang dilakukan polres selama dua bulan terakhir.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dilindas dengan stoomwals atau mesin giling di halaman Polres Kendal. “Pemusnahan miras ini sebagai langkah antisipasi gangguan keamanan saat pelaksanaan perayaan Natal dan tahun baru,” kata Wakapolres Kendal Kompol Sumiarta.

Ribuan miras dan ratusan liter miras tersebut menurutnya merupakan hasil razia yang dilakukan oleh Polres Kendal maupun Polsek-Polsek di bawah wilayah hukum Polres Kendal. “Miras ini didapat dari hampir semua wilayah di 20 kecamatan di Kendal. Bahkan tak sedikit miras yang kami dapat dari warung kopi dan warung remang-remang di daerah pedesaan,” tuturnya,

Baca juga:  Amankan Belasan Orang dan Ratusan Liter Ciu

Tidak hanya menyita dan memusnahkan miras. Polres juga akan menindak para penjualnya. Yakni dengan menjeratnya dengan pidana tindak pidana ringan (tipiring). Hal itu untuk memberikan efek jera kepada penjualnya, agar tidak berjualan miras tanpa izin.

Perihal pelaksanaan Operasi Lilin Candi, Polres Kendal akan mengerahkan 327 personel kepolisian. Selain itu dibantu anggota TNI, keamanan Lingkungan Masyarakat (Linmas). Mereka akan ditempatkan di gereja dan tempat keramaian. “Kami juga akan dibantu personel Brigadir Mobile (Brimob) Polda Jateng,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika tiap gereja akan dijaga oleh petugas Polres Kendal. Selain itu ada empat gereja besar yang nantinya akan kami jaga selama 24 jam selama operasi lilin ini. “Kami juga akan melakukan pengamanan arus lalu lintas, dengan menempatkan anggota polisi di beberapa pos pelayanan di jalur pantura dan di Jalan Tol Semarang-Batang untuk wilayah Kendal,” imbuhnya.

Baca juga:  Muda-Mudi Kepergok Pesta Miras

Anggota FKUB, Sugiyono mengaku mengapresiasi tindakan Polres yang telah memusnahkan miras. Harapannya kedepan, situasi perayaan natal dan tahun baru bisa terlaksana lancar dan aman. “Dengan  pemusnahan ini, peredaran miras di Kendal bisa ditekan. Sehingga tidak timbul korban-korban akibat miras,” katanya. (bud/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya