Empat Kepala OPD Dilelang

419

RADARSEMARANG.ID, KENDAL — Sebanyak empat jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) akan dilelang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kendal. Empat jabatan tersebut yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Inspektur di Kantor Inspektorat.

“Lowongan ini terbuka bagi ASN di lingkungan Pemkab Kendal maupun dari luar. Ada empat jabatan yang bisa diisi dengan persyaratan tertentu,” Kata Sekda Kendal Mohhammad Toha, kemarin.

Lelang jabatan ini sudah diumumkan kepada ASN baik internal maupun eksternal. ASN yang berminat bisa mengikuti seleksi. Dengan syarat utama yakni pangkatnya sudah eselon II, eselon IIIA maupun IIIB dan pejabat fungsional.

“Untuk eselon IIIA minimal sudah dua tahun dan IIIB minimal tiga tahun. Syarat lain adalah sudah mengikuti diklat pimpinan III. Sedangkan untuk pejabat fungsional jauh lebih mudah minimal golongan IVA,” jelasnya.

Sosialisasi sudah dilakukan kepada lebih dari 100 ASN yang mempunyai eselon IIIA atau IIIB. Sedangkan untuk pejabat fungsional jumlahnya lebih dari 30 orang. Untuk tahapan seleksi sendiri, sudah dibentuk panitia seleksi yang terdiri lima orang berasal dari pejabat Provinsi Jateng, Sekda Kendal, dua orang dari akademisi Undip dan tokoh masyarakat.

“Selain seleksi dilakukan panitia seleksi ada juga tes yang dilakukan pihak luar, seperti tes kesehatan dan tes manajerial. Khusus untuk manajerial akan dilakukan di Mabes Polri jadi tahapannya panjang,” ujar Toha.

Target tes seleksi jabatan ini akhir 2019 namun butuh persetujuan ke komisi ASN sebelum dilakukan pelantikan. Nantinya empat terbaik dari masing-masing jabatan akan diserahkan ke bupati. “Jika pendaftaran ditutup namun belum ada yang mendaftar, maka akan kita perintahkan pejabat yang sudah sesuai persyaratan untuk mendaftar,” jelasnya. (bud/ton)