alexametrics

SMANIK Menuju Adiwiyata 

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL—Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Negeri 1 Kendal (SMANIK) ke-58 menjadi titik awal baru bagi sekolah yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon tersebut. Tahun ini tersebut mulai merintis menjadi sekolah Adiwiyata.

Sekolah tersebut sudah memulainya dengan penilaian sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, awal bulan ini. Saat ini SMAN1 Kendal sedang berproses untuk mendapatkan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi.

“Harapan kami dengan suasana baru dan semangat HUT SMANIK ini, sekolah kami bisa memperolah Adiwiyata Mandiri tingkat nasional bahkan kami sangat optmistis bisa meraih tingkat internasional yakni Echo School,” kata Kepala SMANIK, Yuniasih SPd, MPd.

Diakuinya, perayaan HUT SMANIK ke-58 selain kegiatan lomba dan hiburan yang bersifat edukatif, juga mengisi kegiatan sosial untuk melatih rasa kepedulian siswa terhadap sesama. Diantaranya memberi santunan ke beberapa panti asuhan dan warga kurang mampu di sekitar sekolah.

Baca juga:  Mulai Tertibkan Lapak Pedagang Liar di Pasar Darurat Weleri

“Kami ajak mereka untuk memberikan santunan, untuk membangkitkan rasa kepedulian mereka terhadap warga yang kurang mampu. Sehingga tumbuh karakter dalam diri siswa untuk menolong kepada sesama yang membutuhkan,” tandasnya.

Selain itu juga digelar aksi SMANIK  Sehat, melalui lomba-lomba olahraga seperti voli dan estafet, kemudian bersih-bersih lingkungan sekolah dan donor darah.

Perayaan HUT SMANIK  tahun ini juga digelar SMANIK Kreatif dengan menggelar pentas seni siswa, festival layang-layang, Jourasik Band Audition, SMANIK Got Talent. Pemilihan duta SMANIK, dan CINEMANIK atau nonton bareng film karya anak SMANIK.

“Ide lomba-lomba ini kebanyakan muncul dari siswa sendiri. Memang kami berikan keleluasaan mereka untuk menggelar lomba. Selain untuk memeriahkan HUT SMANIK, juga memacu kreasi dan kreativitas siswa. Sehingga mereka bisa menggali potensi diri mereka untuk dapat mereka kembangkan,” tandasnya.

Baca juga:  Galian C Menjamur, Kerusakan Lingkungan di Kaliwungu Bakal Makin Parah

Pihak sekolah juga menggelar Bazar, di mana para siswa berjualan produk yang telah mereka buat sendiri kepada temannya. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa dengan harapan siswa kreatif dalam hal ekonomi.

“Kami juga menggelar pengajian akbar dan doa bersama. Mengajak siswa membangkitkan kecerdasan spiritual. Sehingga mereka memiliki jiwa-jiwa yang kuat dan pantang menyerah serta bertakwa dan berakhlak mulia,” imbuhnya. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya