alexametrics

Ratusan Ribu Anak Belum Memiliki KIA

KIA masih Jalan di Tempat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Masih ada ratusan ribu anak di Kendal belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Lebih kurang ada 131.279 anak di Kendal belum memiliki KIA.  Hal ini menjadi PR yang harus segera diselesaikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kendal untuk segera diselesaikan.

Hingga akhir tahun ini, Disdukcapil Kendal akan menyelesaikan 10 ribu KIA dari 70 ribu anak yang sudah membuat KIA.  Selain KIA, PR aplikasi data kependudukan (apinduk) lainnya yang harus Disdukcapil Kendal adalah KTP Elektronik (KTP el).

Hal itu terungkap dalam kegiatan Pembuatan Apinduk di Desa Nolokerto yang diiniasi Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB), Asri, Desa Nolokerto, RW 05. Kegiatan tersebut digelar bekerja sama dengan Disdukcapil Kendal.

Baca juga:  Kejari Rawat Barang Bukti Layaknya di Showroom

Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Kaliwungu, Bahrun Irwanto mengatakan pembuatan apinduk ini menjadi salah satu prioritas Kampung KB. Mengingat banyak warga yang belum memiliki data kependudukan yang terbaru. “Kampung KB ini menjadi prioritas agar menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya yang berada disekitarnya,” katanya, kemarin.

Hal senada dikatakan Ketua Pokja Kampung Keluarga Berencana (KB), Asri, Desa Nolokerto, RW 05, Zainul Khafidin. Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan di SD N 2 Nolokerto itu setidaknya ada 418 anak yang bersekolah dan belum memiliki KIA.

“Masih ditambah anak-anak dari warga sekitar. Selain itu banyak warga yang belum memiliki KTP El, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan data kependudukan lainnya. Tujuan kami adalah membantu percepatan Apinduk. Sehingga warga tidak perlu ke Disdukcapil di Kendal untuk pembuatan Apindu,” tandasnya.

Baca juga:  Dendam Politik, Mantan Kades di Kendal Nekat Curi Mobil Sampah

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan mengatakan hingga akhir tahun ini ditargetkan bisa menyelesaikan 80 ribu KIA. Rinciannya 70 ribu anak sudah membuat KIA dan 10 Ribu anak akan diselesaikan sampai akhir Desember nanti.

“Ini kami melakukan jemput bola. Jadi warga tidak perlu susah ke Kantor Disdukcapil, cukup dilayani di sini (SD 2 Nolokerto, Red). Dua menit proses langsung cetak jadi. Begitupun data kependudukan lainnya seperti KTP El, KK dan Akte juga bisa langsung jadi tanpa harus menunggu lama,” tuturnya.

Kepala Disdukcapil Kendal, Bambang Dwiono mengatakan, saat ini Dispendukcapil Kendal  sudah membuat sekitar 70.000 KIA.  Menurutnya KIA bagi anak itu sangat penting dan harus dibawa ketika bepergian.

Baca juga:  Dua Kali Roboh, Pemkab Kendal Dinilai Tak Serius Garap Pasar Darurat Weleri

Pasalnya dengan membawa KIA, selain membuat anak senang, juga bisa membantu jika anak terpisah di jalan, maka akan memudahkan untuk mencari alamat rumah anak tersebut. “KIA ini banyak manfaatnya, di antaranya bisa memudahkan untuk mencarikan alamat si anak, jika tersesat di jalan,” pungkasnya. (bud/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya