alexametrics

Belasan Sekolah Ikuti Pelatihan Modul II

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Tanoto Foundation mengadakan pelatihan modul II Praktik Baik dalam Pembelajaran bagi SD dan MI. Kegiatan ini merupakan tahun kedua dan kelanjutan Modul I yang digelar tahun lalu.

Kegiatan tersebut melibatkan  16 sekolah mitra dari Gugus Kecamatan Patean dan Brangsong. Rincinnya  dari Gugus Patean dan dari Gugus Brangsong masing-masing delapan sekolah. Kegiatna berlangsung di MTs N 1 Kendal, diikuti 90 peserta, terdiri dari guru beserta kepala sekolah dan dua pengawas sekolah.

Koordinator Provinsi Jawa Tengah Tanoto Foundation, Nurkolis mengatakan materi utama pada pelatihan ini adalah latihan membuat Buku Besar untuk kelas awal. Yakni materi bahan mengajar untuk siswa kelas satu sampai kelas 3 atau mulai dari siswa yang belum mengenal huruf dan angka sampai memahami bacaan.

Baca juga:  Keuntungan PDAM Kendal Meroket

Hal senada dikatkaan Fasilitator Daerah Kelas Awal, Nurmalia Eka Pratiwi. Ia menjelaskan untuk materi pelatihan kelas awal ini tentang literasi. Yakni mengajak guru, kepala sekolah dan pengawas utnuk mengerti literasi.

Kemudian dilanjutkna dnegan bahasan membaca bersama dan membaca terbimbing. Sebelum masuk ke materi tentang literasi, terlebih dulu dilakukan evaluasi atau pengkajian ulang penerapan modul satu. “Kami, selaku fasilitator terus melakukan pendampingan kepada sekolah-sekolah mitra, untuk melihat perkembangan sekolah dalam melaksanakan program pintar ini,” jelasnya.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kendal, Muslikhan mengatakan, bahwa program Tanoto Foundation ini banyak memberikan pengaruh pendidikan di Kendal. Diantaranya perubahan dari segi manajerial di sekolah.

Program Tanoto Foundation ini mengembangkan inovasi pembelajaran yang baik dengan memberikan motivasi kepada anak didik. Secara tidak langsung, Tanoto Foundation telah mengangkat derajat pendidikan di Indonesia.  “Program Tanoto Foundation mengajak semua pihak untuk terlibat untuk memajukan pendidikan, seperti komite dan orang tua atau wali murid,” ujarnya. (bud/bas)

Baca juga:  Pengantin Baru Wajib Tanam Pohon

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya