alexametrics

Pimpinan AKD Didominasi PKB dan PDIP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Paska dilantik, Pimpinan DPRD Kendal DPRD Kendal langsung membentuk pengurusan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Tujuannya agar bisa menjalankan tugas sebagai fungsi legislasi.

AKD yang dibentuk yakni Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD), Badan Kehormatan, dan Komisi. Komisi sendiri ada empat, yakni Komisi A, B, C dan D.

Hampir semua jabatan pimpinan dalam AKD diisi oleh anggota dewan dari dua partai pemenang Pemilu 2019 yakni PKB dan PDI Perjuangan. Kedua partai itu masing-masing mempunyai 10 kursi di DPRD Kendal.

“Penempatan teman-teman dewan dalam AKD ini berdasarkan usulan dari tiap fraksi. Kemudian kami dalam rapat internal DPRD dan semua sudah disepakati bersama mengenai usulan nama dan pimpinan AKD tersebut,” katanya, kemarin (30/9).

Baca juga:  Sebulan Tak Melaut, Nekat Bobol Kotak Amal

Ia mengatakan jika setelah terbentuknya AKD, maka semua anggota dewan bisa bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi. Termasyk melakukan pembahasan terhadap APBD Perubahan, pembahasan Perarturan Daerah dan tugas legeslatif lainnya.

Politisi PKB itu menambahkan untuk agenda penetapan APBD Perubahan tahun 2019 ia berharap paling lambat 30 September  sudah bisa disetujui dan disahkan bersama dalam paripurna. Hal ini penting sebab APBD Perubahan menyangkut kepentingan pembangunan di Kendal.

Empat Komisi beserta tugasnya, sebagai berikut. Komisi  A bertugas dalam bidang administrasi umum pemerintahan. Dalam komisi itu diketuai oleh Munamir dari Fraksi PDI Perjuangan, Wakil Ketua Muhammad Thohir dari PPP dan Sektretaris yakni Sri Rokhanah dari PKB.

Baca juga:  Resmi, Hanura Wonosobo Tinggalkan Petahana

Sedangkan Komisi B bertugas dalam bidang perekonomian dan keuangan yang didalamnya juga membahas terkait industri, pertanian, sumber daya alam dan penanaman modal. Komisi itu diketuai oleh Dian Alfat dari Fraksi PKB, Wakil ketua Irwan Subiyantoro dari PPP dan Sekretaris yakni Sri Supriyati dari PDI Perjuagan.

Komisi C bergerak dalam bidang Prasarana, pembangunan Infrastruktur, penataan ruang, lingkungan hidup dan Pemukiman. Strutur organisasi komisi itu yakni ketua oleh Bintang Yudha Daneswara dari PDIP, Wakil Ketua oleh Muhammad Zaenudin dari PKB dan Sekretaris oleh Muhammad Nashri dari PAN.

Sedangkan untuk komisi D bergerak dalam bidang sosial, kesehatan, pendidikan, pariwisata, pemuda dan olahraga. Ketua komisi itu yakni Mahfud Sodiq dari PKB, wakil ketua yakni Dini Widiastuti dari Fraksi Amanat Demokrat Sejahtera dan sekretaris yakni Widya Kandi Susanti dari PDI Perjuangan. (bud/bas)

Baca juga:  Pembangunan Kanzus Salawat Kaliwungu Habiskan Rp 27 Miliar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya