Gus Basyar: Sedekah Membuka Pintu Rezeki

312

RADARSEMARANG.ID, KENDAL—Komunitas Ngaji Ngopi Hepi (NNH) bersama Yayasan Cinta Duhafa Kendal (CDK) menggelar aksi sosial dengan memberikan santuan kepada 99 anak yatim. Kegiatan yang dikemas dalam pengajian itu merupakan wujud mengagungkan bulan Muharram, dimana umat Islam (muslim) dianjurkan untuk bersedekah.

KH Basyarahman selaku pengasuh NNH dalam ceramahnya mengatakan jika bahwa kelebihan rezeki yang kita miliki seseorang merupakan anugerah yang mengalir karena kasih sayang Allah. Menurutnya Allah menurunkan rezeki ada beberapa cara, maka setiap orang berbeda-beda memperolehnya.

Pertama, yakni rezeki yang rezeki yang telah dijamin. Seperti udara yang dihirup, air, sinar matahari, bumi dan sebagainya yang telah disediakan Allah. Selain itu umur dan sebagainya. “Firman Allah, tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya (QS Hud : 6),” katanya.

Kedua rezeki karena usaha. Yakni rezeki yang dihasilkan karena usaha manusia itu sendiri. Seperti usaha pekerjaan, berdagang, bisnis dan sebagainya. “Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya (QS An-Najm: 39).

Ketia, yakni rezeki karena bersyukur. Yakni rezeki yang Allah turunkan karena manusia yang pandai bersyukur atas rezeki yang diperolehnya. Makanya, sebagai seorang hamba umat Muslim wajib bersyukur.

Bersyukur baik dalam lisan maupun tindakan. Yakni dengan berbagi rezeki kepada mereka yang kurang mampu. Sesungguhnya siapa yang bersyukur pasti akan Kami tambah nikm (rezeki) kepadamu (QS Ibrahim: 7). “Maka orang tidak ada orang yang banyak bersedekah akan miskin. Tetapi sebaliknya, mereka yang rajin menyantuni anak yatim hidupnya bahagia dan hartanya bertambah,” tutur kyai muda yang akrab disapa Gus Basyar itu.

Hal itu karena sedekah adalah ibadah yang paling disukai Allah dari hambanya. Dengan bersedekah, maka Allah membukakan 1000 pintu rezeki dan kemudahan dalam hidupnya. “Dengan bersedekah, maka banyak yang mendoakan, dari orang yang menerima sedekah maupun malaikat Allah. Karena mereka memulyakan anak yatim dan kaum duhafa,” jelasnya.

Ada juga rezeki yang Allah berikan karena tingkat ketakwaan, karena bertaubat dan rezeki karena pernikahan. “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya,” pungkasnya. (bud/sas)