alexametrics

Proyek Jembatan Tanggul Malang Segera Dikebut

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Pembangunan jembatan gantung Tanggul Malang yang melintasi Sungai Bodri yang sempat mangkrak akan segera dilanjutkan. Hal itu setelah jembatan yang menghubungkan Desa Wonosari Kecamatan Patebon dengan Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring itu telah berhasil dilakukan lelang.

Diketahui Pembangunan jembatan telah dimulai Oktober 2018. Tapi akhir tahun 2018 proyek tersebut terhenti lantaran pihak pelaksana pekerjaan PT Wasis Karya Nugraha tidak mampu menyediakan badan jembatan atau gelagar jembatan yang terbuat dari baja.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiyono mengatakan, saat ini proses lelang jembatan tersebut sudah selesai, sehingga pekan depan sudah dilakukan penandatanganan kontrak. “21 Agustus lanjutan pembangunan pekerjaan sudah bisa dilaksanakan,” katanya saat sosialisasi pembangunan jembatan gantung Bodri di kantor PUPR Kendal,  kemarin (9/8).

Baca juga:  Mujib Rohmat : Kader Partai Wajib Jaga Kebhinekaan

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) pembangunan jembatan Adi Wijayanto menambahkan terhentinya pembangunan jembatan, karena adanya keterlambatan pembuatan rangka jembatan. “Saat ini kerangka baja jembatan sudah tersedia di Gudang PUPR, sehingga nantunya bisa langsung dikerjakan,” akunya.

Pihak kontraktor yang hanya mengerjakan tiang pancang juga telah diputus kontraknya. Kelanjutan dari pembangunan jembatan tersebut dilakukan tahun 2019 melalui proses lelang kembali dengan pelaksana pihak ketiga yang baru.   Dijelaskannya jika gelagar jembatan nantinya akan dibangun itu dengan panjang bentang 120 meter, lebar 1,8 meter. Selain itu ketinggian tiang penyangga jembatan itu setinggi 15 meter.

Sementara itu Kepala Desa Korongwelang kulon, Triyono mengatakan, jembatan tersebut sangat ditunggu oleh warga. Pasalnya, jembatan itu akan memudahkan warga desanya untuk berpergian ke Kecamatan Patebon dan Kendal. “Warga selalu menanyakan kelanjutan pembangunan jembatan, kalau sekarang sudah ada kejelasan, semoga bisa selesai tepat waktu,” harapnya. (bud/bas)

Baca juga:  Dandim Kendal Blusukan Serap Aspirasi Warga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya