alexametrics

Puluhan Personel Paskibraka Digembleng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Jelang perayaan HUT RI ke-74, sebanyak 70 personel Paskibraka Kendal mulai jalani pemusatan latihan di Alun-Alun Kendal. Mereka digembleng mulai dari pukul 07.30 sampai 12.00 siang oleh instruktur berpengalaman dari Kodim Kendal, tenaga pendidik, dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kendal.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kendal, Agung Setiawan menuturkan pemusatan latihan sudah dimulai pukul 22 Juli yang lalu dan akan berakhir pada 16 Agustus mendatang. Mereka akan menjalani seleksi guna mencari yang terbaik sebagai pembawa bendera pada perayaan HUT Kemerdekaan yang dihadiri oleh Bupati dan jajarannya.

“Untuk pembentukan mental sudah dilakukan sejak 22 Juli di Stadion Madya Kendal. Saat ini latihan kami pindah ke Alun-Alun biar mereka mengetahui medan upacara nanti sehingga tidak canggung ketika melaksanakan tugas,” ujarnya.

Baca juga:  Peringati HUT ke-74 RI, Hendi Adakan Khataman Quran

Pihaknya menambahkan seleksi petugas Paskibraka berasal dari 68 SMA/SMK/MA negeri dan swasta seluruh Kendal dengan jumlah peminat mencapai 780 siswa. Namun dari jumlah tersebut terpilihkan 71 siswa dengan 1 siswa berhasil lolos seleksi tingkat Provinsi dan mendapat kesempatan menjadi Paskibraka Provinsi di Semarang.

Salah satu petugas Paskibraka adal SMA Negeri 1 Kendal, Lituhayu Safa Retno mengaku bangga dapat menjadi salah satu pasukan yang dapat mengibarkan bendera pusaka saat HUT Kemerdekaan mendatang. Meskipun melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan, dirinya mengaku tetap semangat dan bertekad untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Seleksi sangat susah. Ada seleksi administrasi, tinggi badan, kekuatan fisik dan masih banyak lainnya. Apalagi saat tes fisik yang mengharuskan sit up, push up, latihan berbaris di terik matahari. Namun saya bersyukur dapat bergabung menjadi salah satu petugas pengibar bendera pusaka dan menjadi kebanggan keluarga dan sekolah,” ujarnya. (akm/bas)

Baca juga:  Berbagai Promo BRI Semarakkan HUT RI ke-76

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya