alexametrics

Aturan Soal APK Masih Membingungkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Bawaslu Kendal soroti penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada pemilu 2019 lalu. Mereka menemukan 70 persen APK yang terpasang melanggar peraturan sebab bukan produk dari KPU.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kendal, Wahidin Said menuturkan banyak APK yang dibuat oleh parpol dan tidak dilaporkan pada KPU.

Namun pihaknya kesulitan melakukan penindakan sebab aturan yang ada saat ini belum secara spesifik mengatur mengenai jenis dan ukuran APK mana yang telah terdaftar dan tidak terdaftar.”Kami merasa kebingungan ketika akan menindak pelanggaran APK tidak resmi. Sebab dari KPU sendiri belum ada patokan APK mana yang mereka keluarkan atau bukan. Dalam peraturan KPU memang ada aturan terkait APK, namun untuk ukuran APK seringkali di lapangan tidak sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya pada saat Rapat Evaluasi Kampanye Pemilu 2019 Selasa, (6/8) kemarin.

Baca juga:  Putra Widya Kandi Ramaikan Bursa Penjaringan

Dirinya mendorong untuk pelaksanaan Pilkada 2020 nanti, pihaknya beserta KPU, Parpol dan Pemerintah dapat duduk bersama untuk membahas aturan lebih rinci terkait APK tersebut sehingga dalam pelaksanaannya tidak bias seperti yang terjadi pada pemilu sebelumnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Kendal, Hevi Indah Oktaria membenarkan pengaturan APK seperti baliho, spanduk, pamflet dan brosur memang diatur dalam peraturan KPU. Namun untuk jenis baliho mini belum diatur. Sehingga memungkinkan Bawaslu mengalami bias menentukan apakah hal tersebut melanggar atau tidak dan kesulitan untuk melakukan penindakan.

“Prinsipnya APK yang beredar harus berdasarkan izin dari KPU. Dengan adanya masukan dari Bawaslu kami akan melalukan evaluasi dan perbaikan sehingga pelaksanaan Pilkada 2020 akan berjalan lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya. (akm/bas)

Baca juga:  Lima Bulan Tak Digaji, Perangkat Desa Plataran Wadul Bupati

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya